Warga Pokoh Kidul Wonogiri Kembangkan Aneka Produk dari Buah Tin

Ketua Pos Pemberdayaan Keluarga (Pos Daya) Pokoh Kidul, Jarno menunjukan pohon tin yang berada di Dusun Narogo, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri yang dapat dijadikan berbagai olahan, Senin (23/7/2018). (Solopos - Ichsan Kholif Rahman)
06 Agustus 2018 15:15 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI—Masyarakat Dusun Norogo, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, memanfaatkan pohon buah tin menjadi peluang ekonomi.

Buah yang sering disebut sebagai buah surga tersebut dapat diolah menjadi berbagai aneka produk dengan nilai jual tinggi.

Ketua Pos Pemberdayaan Keluarga (Pos Daya) Pokoh Kidul, Jarno, saat ditemui Solopos.com, di Dusun Narogo, beberapa waktu lalu, mengatakan saat ini di Dusun Narogo terdapat lebih dari 700 pohon buah tin.

Pohon tersebut secara swadaya ditanam oleh masyarakat setempat. Gerakan tanam pohon buah tin adalah bentuk pemberdayaan bagi warga Desa Pokoh Kidul.

“Menanam buah tin dengan cara mengambil cangkok dari pohon indukan kemudian dipindah ke polybag dengan ukuran diamater 60 cm karena saat cuaca seperti ini paling bagus dengan polybag,” ujar Jarno.

Menurutnya, buah tin dapat dikonsumsi langsung setelah empat bulan dengan berbagi khasiat seperti menurunkan gula darah, penghancur sel kanker, nyeri sendi, dan lain-lain. Selain dimanfaatkan buahnya, daun pohon tin dapat diolah menjadi berbagai produk.

Saat ini warga yang tergabung dalam Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Pokoh Kidul mampu mengolah buah tin menjadi sirup dengan merek Lancar Barokah dan dijual dengan harga Rp50.000 per botol.

Selain itu, mereka juga memanfaatkan daun dan buah tin untuk diolah menjadi parfum, sabun, dan minyak gosok. Warga bekerja sama dengan pabrik-pabrik olahan.

Harga produk dijual berkisar Rp12.000 hingga Rp35.000. Jarno mengaku untuk saat ini Posdaya Pokoh Kidul belum berorientasi pada omzet kaitannya dengan pengembangan aneka olahan pohon buah tin.

Dia lebih fokus pada pemberdayaan masyarakat. Saat ini masyarakat Desa Pokoh Kidul mendapatkan pendampingan dari akademisi dalam menanam pohon tin.