Paket Wisata Sehari di Solo Tanpa Menginap Paling Dicari Pelancong

Pedagang barang antik di Pasar Triwindu Solo. (dok)
07 Agustus 2018 19:06 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO--Promo Paket Wisata Surakarta yang diluncurkan oleh Association of The Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita) Solo mulai diminati sejumlah wisatawan domestik. Paket wisata sehari tanpa menginap paling banyak dicari.

Wakil Ketua Bidang Tour Asita Solo, Mirza Ananda, mengatakan pada awal bulan ini terdapat dua wisatawan dari Aceh yang mengakses paket tersebut. Paket yang diambil adalah paket tanpa menginap atau paket harga Rp222.000. Kemudian pada 11 Agustus nanti juga sudah ada 35 orang yang memesan untuk paket yang sama.

"Saat ini sudah ada yang mengambil paket tersebut. Untuk paket yang tanpa menginap memang paling sering ditanyakan sejauh ini," kata dia saat dihubungi solopos.com, Selasa (7/8/2018).

Para wisatawan tersebut mengakses Paket Wisata Surakarta melalui biro perjalanan wisata yang ada di Solo. "Selain mereka, saat ini juga sudah banyak teman-teman [anggota] Asita Solo yang merespons tentang paket tersebut," kata dia.

Mirza berharap melalui promosi bersama yang dilakukan para pelaku usaha biro perjalanan wisata, Paket Wisata Surakarta akan lebih dikenal masyarakat luas. Menurutnya saat ini promosi masih dilakukan di lingkup Asita Solo. Namun ke depan Asita Solo juga akan melakukan promosi melalui jaringan Asita secara nasional.

Sementara itu Ketua Asita Solo, Pri Siswanto, mengatakan saat ini masih perlu adanya pemahaman atau sosialisasi kepada masyarakat maupun pelaku usaha biro perjalanan wisata di wilayah Solo dan sekitarnya mengenai keberadaan paket wisata lokal tersebut.

"Untuk saat ini tahap yang kami lakukan adalah tahap sosialisasi. Meski begitu paket tersebut juga sudah mulai diminati dan sudah ada transaksi," kata dia kepada solopos.com, Selasa.

Diketahui, promo paket wisata tersebut dilakukan untuk mendukung Gerakan Mempromosikan Wisata Surakarta (Gempita). Promo Paket Wisata Surakarta dijual mulai Rp222.000 per orang. Dengan harga tersebut wisatawan sudah bisa mengunjungi beberapa destinasi di dalam kota ditambah destinasi situs Sangiran dan satu destinasi kuliner di Solo. Pri mengatakan paket Rp222.000 adalah paket city tour.

Destinasi dalam kota yang bisa dituju dari paket tersebut adalah Loji Gandrung, Pura Mangkunegaran dan Pasar Triwindu. Selain itu ada juga paket-paket lain dengan harga yang beragam sesuai kriteria hotel dan jangka waktunya.  Dia mengatakan promo paket wisata tersebut menyasar wisatawan perorangan. Hanya dengan dua orang wisatawan, paket wisata sudah bisa dijalankan.

Tokopedia