Mimi Sehat, Ranjang Pasien Karya Siswa SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, Begini Bentuknya

Direktur Business Center SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo (Mutuharjo), Kristanto (kiri) bersama staf menunjukkan ranjang produksi siswa SMK Mutuharjo di bengkel Business Center, Sukoharjo, Sabtu (4/8 - 2018). (Solopos/Trianto Hery Suryono)
07 Agustus 2018 08:20 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO – Siswa SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo (Mutuharjo) berhasil membuat ranjang untuk pasien yang diberi nama Mimi Sehat atau miring-miring sehat.

Ranjang Mimi Sehat dirancang secara otomatis. Pengaturannya bisa menggunakan handphone untuk memudahkan pasien maupun keluarga pasien dalam mengoperasikannya.

Tokopedia

“Produk ranjang inovasi dari siswa SMK Mutuharjo bersama-sama mahasiswa UMY, Yogyakarta. Anak-anak [siswa] menciptakan ranjang mimi sehat agar pasien berat lebih enjoy. Pasien berat adalah pasien yang hanya bisa tidur diranjang selama penyembuhan,” ujar Direktur Business Center SMK Mutuharjo, Kristanto, ditemui Solopos.com, Sabtu (4/8/2018) .

Kristanto menjelaskan pasien yang harus terus berada di tempat tidur biasa menderita punggung panas karena tidak bisa miring ke kanan atau ke kiri. Dampak dari tidur telentang, ujarnya, mengakibatkan punggung panas dan terluka.

“Luka tersebut bisa menyebabkan infeksi. Ranjang mimi sehat ini menjadi solusi bagi pasien tersebut karena bisa miring ke kanan atau ke kiri. Mimi sehat ini menggunakan sistem empat crank atau miring ke kanan dan ke kiri kemudian bersandar dan kaki pasien digerakkan,” jelas dia.

Saat ini, Mimi Sehat masih berupa prototipe dan belum diproduksi. “Produksi menunggu hak paten jadi. Harga variatif dan ukuran ranjang sesuai permintaan rumah sakit. Di pasar harga ranjang mimi sehat Rp100 juta lebih, tetapi kami [SMK Mutuharjo] menjual dengan harga Rp80-an juta. Selain ranjang mimi sehat, kami juga produksi ranjang pasien manual dan elektrik dengan harga Rp12 juta hingga Rp20 juta per unit.”