BPBD Boyolali Salurkan 30.000 Liter Air Bersih ke Desa Bangle

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali dibantu polisi menyalurkan bantuan air bersih ke Desa Bangle, Wonosegoro, Boyolali, Minggu (5/8 - 2018). (Istimewa/Dokumen BPBD Boyolali)
07 Agustus 2018 15:55 WIB Anik Sulistyawati Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali menyalurkan enam tangki air bersih ke Desa Bangle, Kecamatan Wonosegoro, Boyolali, Minggu (5/8/2018) pagi. Tiap tangki mengangkut 5.000 liter air. Total 30.000 liter air bersih disalurkan ke wilayah itu.

Truk tangki yang dikendarai personel BPBD berhenti di beberapa dukuh di Desa Bangle. Warga kemudian datang dengan membawa jeriken untuk mengangkut air bersih.

Tokopedia

Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar, mengatakan penyaluran air itu dilalukan menyusul sulitnya warga memperoleh air bersih akibat kekeringan yang melanda beberapa wilayah kecamatan di Boyolali.

"Selain Desa Bangle Wonosegoro penyaluran air hari ini [Minggu] rencananya [penyaluran air] juga dilakukan di wilayah Kecamatan Kemusu malam ini [Minggu]," kata dia kepada wartawan Solopos.com, Nadia Lutfiana Mawarni.

Kurniawan mengatakan jumlah air yang disalurkan ke Kemusu sama dengan yang disalurkan ke Wonosegoro. "Mudah-mudahan bisa sesuai harapan karena jaraknya yang variatif dan sumber mata air berjauhan," kata dia.

Bulan Agustus menjadi bulan penyaluran air di wilayah Boyolali utara. Lima kecamatan yang juga mengalami kekeringan secara berangsur-angsur akan menerima bantuan air bersih. Kelima kecamatan itu meliputi Juwangi, Wonosegoro, Kemusu, Andong, dan Musuk. Penyaluran itu direncanakan bergilir hingga bulan Desember mendatang.