Tragis! Warga Karanganyar Terjebak Palang Pintu Lalu Terseret KA

Ilustrasi kecelakaan kereta api.(phoenixsum.co.za)
07 Agustus 2018 12:30 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Seorang pengendara motor meninggal dunia setelah tertabrak kereta api di perlintasan dengan palang pintu, Dukuh Nglarangan, Desa Kebak, Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar, Senin (6/8/2018) pukul 14.18 WIB.

Pengendara sepeda motor Honda Vario berpelat nomor AD 3887 AQF bernama Muhammad Haris Mustaghfiri, 29, itu terjebak palang pintu yang menutup sebelum KA melintas. Haris tercatat sebagai warga Dukuh Kaliwuluhkidul RT 001/RW 012, Desa Kaliwuluh, Kecamatan Kebakkramat.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, saat kejadian Haris melaju dari timur ke barat melewati perlintasan kereta api dengan palang pintu di lokasi kejadian. Salah seorang saksi, Joko Wiyono, 32, warga Dukuh Nayan RT 001/RW 008, Desa Nangsri, Kebakkramat, mengatakan Haris melewati perlintasan kereta api.

"Saat itu palang pintu perlintasan kereta api belum turun [menutup]. Korban sudah melintas duluan. Pintu palang belum tertutup, saya juga mau masuk menyeberang. Tapi palang pintu keburu turun. Saya mengerem mendadak di dekat palang pintu," kata Joko kepada polisi saat dimintai keterangan seusai kejadian.

Joko sempat melihat Haris sudah berada di sebelah barat rel kereta api. Tetapi, dia tidak bisa melintas karena terhalang palang pintu perlintasan kereta api. Haris terjebak di tengah rel.

Saat itulah kereta api melintas dari utara ke selatan. Setelah kereta api lewat, Joko mendapati Haris sudah tidak ada di tempatnya semula. Joko melanjutkan perjalanan dan menceritakan kejadian itu kepada Sukini, 54, warga Dukuh Kranggansari, RT 001/RW 003, Desa Pulosari, Kebakkramat.

Mereka berdua kemudian kembali ke lokasi kejadian untuk mengecek. Mereka melihat sepeda motor di sebelah utara pos perlintasan kereta api. Kondisi sepeda motor itu hancur.

Mereka menelusuri sepanjang tepi perlintasan kereta api sejauh 25 meter. Saat itulah, Joko melihat tubuh Haris tergeletak dengan posisi terlentang.

"Korban masih menggunakan pakaian lengkap. Helm juga masih. Tetapi sepertinya sudah meninggal saat itu," tutur dia.

Joko dan Sukini kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek Kebakkramat. Anggota polsek mengecek ke lokasi kejadian. Polisi dibantu petugas kesehatan Puskesmas Kebakkramat 1 melakukan visum awal.

Haris terluka di kepala dan lengan. "Kami melakukan olah TKP [tempat kejadian perkara]. Bersama anggota Koramil dan sukarelawan Kebakkramat mengevakuasi korban ke RSUD Karanganyar untuk pemeriksaan lebih lanjut," ujar Kapolsek Kebakkaramat, AKP Lukman Tri Nofianto, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, Selasa (7/8/2018).