Ini Bocoran Ponsel yang Banyak Disukai Masyarakat Solo

Suasana Gadget Expo 2018 di Solo Grand Mall (SGM), Solo, Selasa (7/8-2018). (Solopos - M. ferri setiawan)
08 Agustus 2018 18:59 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO--Pelaku bisnis smartphone menilai pasar gadget di Solo masih cukup potensial. Sedangkan jenis produk yang paling banyak diminati oleh masyarakat Solo adalah smartphone atau ponsel pintar dengan harga di kisaran Rp2 juta-Rp3 juta.

Promotor Oppo, Dimas Bangkit, yang ditemui solopos.com di stan Bonafide pada acara Gadget Expo 2018 di Solo Grand Mall (SGM), Rabu (8/8/2018), mengatakan sejauh ini penjualan gadget masih cukup bagus. Bahkan menurutnya, penjulan gadget cenderung naik setiap tahunnya karena banyak bermunculan produk baru dari masing-masing merek juga turut mendongkrak penjualan.

"Misalnya untuk produk Oppo A3S yang diluncurkan sepekan lalu, stok lima unit di toko langsung habis terjual," kata dia. Berdasarkan informasi yang dihimpun solopos.com, harga HP tersebut di kisaran Rp2,6 juta.

Dia mengatakan secara umum produk HP yang banyak dicari masyarakat Solo adalah produk dengan harga antara Rp2 juta hingga Rp3 juta. Sedangkan merek yang banyak diminati di antaranya Oppo, Xiaomi, dan Samsung.

"Kebanyakan pembeli awam akan mencari HP dengan kualitas kamera yang bagus. Tapi bagi konsumen yang sudah memahami, mereka akan menanyakan spesifikasi lain secara lengkap," kata dia, Rabu (8/8/2018).

Terkait kualitas produk, untuk saat ini dengan uang di bawah Rp3 juta sudah bisa mendapatkan HP dengan kualitas mumpuni. Frontliner Sinergi Cell, Danang Kristiawan, yang ditemui di tempat yang sama, mengatakan pasar gadget di Solo masih cukup stabil, meski secara pasti tidak bisa menyebutkan angkanya. Sama seperti Dimas, dia juga mengatakan permintaan HP di Solo masih didominasi dengan produk dengan harga di bawah Rp3 juta.

"Harga itu sudah bisa mendapatkan barang yang bagus. Misalnya saja kamera 13 MP dan ram 3 GB," kata dia.

Dia mengatkan jika dibandingkan 70% persen penjualan HP merupakan produk dengan harga Rp3 juta. "Saat ada pembeli biasanya yang langsung ditanyakan adakah seputar harga," kata dia.
Di sisi lain keduanya mengatakan kegiatan pameran seperti yang digelar di SGM saat itu juga turut membantu meningkatkan jumlah penjualan. Keduanya mengaku selama pameran berlangsung, selalu ada transaksi di setiap harinya.

Public Relation Officer SGM, Ni Wayan Ratrina, mengatakan kegiatan Gadget Expo 2018 digelar mulai 3-12 Agustus. Salah satu tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menjawab permintaan pengunjung mal terhadap perkembangan teknologi gadget yang terus meningkat.

Melalui acara yang digelar di Atrium Utama SGM tersebut, diharapkan bisa memberi kemudahan bagi masyarakat Solo dan sekitarnya mendapatkan pilihan gadget yang sesuai keinginan dengan harga terjangkau.

"Acara ini nantinya akan menjadi acara tahunan yang diselenggarakan SGM," kata dia.

Salah satu konsumen, Ani, mengaku saat ini gadget sudah menjadi salah satu kebutuhan. Selain sebagai alat komunikasi, dia juga membutuhkan gadget untuk mengakses Internet. "Jadi ketika harus membeli HP, itu karena alasan kebutuhan. Bukan karena mengejar produk-produk terbaru," kata dia kepada solopos.com.