Kantor Disdukcapil Pindah, Saban Hari Puluhan Warga Klaten Kecele

Warga melihat selebaran berisi informasi kantor baru Disdukcapil Klaten di kantor lama kompleks pemkab, Selasa (7/8 - 2018). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)
08 Agustus 2018 11:15 WIB Taufik Sidik Prakoso Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Selama tiga pekan terakhir, kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten pindah ke kantor baru. Namun, masih banyak warga yang tidak tahu sehingga kecele saat mendatangi kantor lama.

Kantor Disdukcapil pindah sejak Senin (16/7/2018) lalu. Kantor baru Disdukcapil berada di gedung Pemda II, Desa Tegalyoso, Kecamatan Klaten Selatan. Kantor itu berada di belakang kompleks Gedung DPRD Klaten dan bersebelahan dengan gedung Kantor Bappeda dan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klaten.

Tokopedia

Jalan menuju gedung baru melalui samping SMP Muhammadiyah 1 Klaten. Sementara kantor lama berada di kompleks Pemkab Klaten yang kini ditempati Bagian Humas Setda Klaten.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Selasa (7/8/2018), warga hilir mudik berdatangan ke kantor lama di kawasan Pemkab. Seperti Johan, 20, warga Desa Ngawonggo, Kecamatan Ceper.

Ia datang ke kantor lama Disdukcapil lantaran tak mengetahui pelayanan kantor tersebut sudah pindah. “Belum tahu ternyata sudah pindah. Rencana mau mengurus e-KTP yang hilang. Saya sudah mengurus surat kehilangan ke kepolisian,” kata Johan saat ditemui di kantor lama Disdukcapil Klaten, Selasa.

Kabag Humas Setda Klaten, Wahyudi Martono, mengatakan saban hari ada warga yang kecele mendatangi kantor lama Disdukcapil yang kini ditempati bagian Humas Setda Klaten. jumlahnya mencapai puluhan orang.

“Setiap hari itu lebih dari 30 orang datang tanya kantor Disdukcapil,” kata Wahyudi.

Ia menjelaskan informasi serta petunjuk jalan menuju kantor baru Disdukcapil sudah tertempel di beberapa lokasi kantor lama. Petunjuk jalan juga sudah terpampang di samping SMP Muhammadiyah 1 Klaten yang menjadi ruas jalan menuju kantor baru. Hanya, masih banyak warga yang belum lega sebelum bertanya kepada pegawai di Bagian Humas.

Wahyudi mengatakan informasi kantor Disdukcapil pindah sudah disampaikan melalui camat. Namun, hingga kini masih banyak warga yang tak tahu sehingga kecele.

“Terkadang ada yang langsung masuk dan minta mengurus akta. Kemudian kami sampaikan Kantor Disdukcapil sudah pindah ke gedung baru. Warga juga perlu penjelasan detail soal lokasi gedung baru di mana. Bagi kami tidak masalah. Kalau saran kami informasi petunjuk lokasi gedung baru Disdukcapil bisa ditambah dan diperjelas lagi,” jelas dia.