Gara-Gara Puntung Rokok, Lahan Perhutani Wonogiri Terbakar

Petugas Pemadam Kebakaran bersama BPBD Wonogiri memadamkan api di lahan Perhutani, Gunung Belah, Wuryorejo, Wonogiri, Selasa (7/8 - 2018). (Istimewa/BPBD Wonogiri)
08 Agustus 2018 13:15 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Lahan milik Perhutani seluas 500 meter persegi di sekitar kawasan Waduk Gajah Mungkur (WGM), Gunung Belah, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, terbakar pada Selasa (7/8/2018) pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, api perlahan menjalar dari bawah ke atas bukit dan membesar. Kondisi lahan yang terbakar berupa semak-semak dan tanaman yang mengering.

Di lokasi kejadian terdapat imbauan untuk menjaga hutan supaya tidak terjadi kebakaran namun imbauan ini sepertinya tidak diperhatikan oleh masyarakat.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, saat dihubungi Solopos.com mengatakan api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan. Lahan yang terbakar berada di pinggir jalan raya Wonogiri menuju arah Wuryantoro.

"Upaya penanganan pemadaman dilakukan setelah BPBD mendapat laporan dari warga dibantu dengan Pemadam Kebakaran, Tim Reaksi Cepat BPBD. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 15.00 WIB," ujarnya.

Ia menambahkan tidak terdapat korban jiwa ataupun luka dalam kejadian tersebut.