Gempa Malang Terasa di Wonogiri, Berguncang Sekitar 4 Menit

Ilustrasi gempa (Reuters)
08 Agustus 2018 20:03 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI—Gempa berkekuatan 5,2 skala Richter (SR) yang mengguncang Malang dan sekitarnya Senin (8/8/2018) siang pukul 13.09 WIB terasa sampai Wonogiri.

Seperti diketahui, gempa kembali mengguncang daerah selatan Indonesia. Data yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa di Malang ini berpusat di 68 km barat daya Kabupaten Malang atau di Samudera Hindia sebelah lepas pantai selatan Pulau Jawa.

Pusat gempa berada di kedalaman 13 km. Gempa tersebut dirasakan hingga di Kabupaten Wonogiri.

Salah satu warga Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Giyarto, saat dihubungi Solopos.com, mengaku kaget dengan goncangan yang cukup keras, tadi siang.

“Warga beberapa keluar rumah, gempa cukup keras berlangsung sekitar empat detik namun cukup terasa,” ujar Giyarto.

Sementara itu, warga Desa Baturetno, Wahyudi, mengatakan gempa berlangsung cukup singkat namun goncangannya sangat terasa.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, belum menerima informasi terkait gempa Malang yang juga turut dirasakan warga di beberapa wilayah di Wonogiri.

Sementara itu Kabupaten Wonogiri terdapat tiga desa dalam satu kecamatan yang merupakan wilayah rawan bencana tsunami yakni Desa Gunturharjo, Desa Gudangharjo, dan Desa Paranggupito namun bukan merupakan wilayah permukiman penduduk.

Ia juga tetap mengimbau nelayan untuk tidak pergi melaut dahulu dan wisatawan menjauhi bibir pantai.