UNS Gelar Lomba Aritmatika VII, Berminat?

Lomba Aritmatika UNS (Istimewa)
09 Agustus 2018 15:45 WIB Septina Arifiani Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Aritmatika merupakan lomba Olimpiade Matematika tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tahun ini, Lomba Aritmatika sudah memasuki tahun ke-VII dan diperluas wilayah perlombaanya mencakup Pulau Jawa. Awalnya, lomba Aritmatika hanya mencakup Solo Raya kemudian meningkat ke Jawa Tengah, Jawa Tengah dan DIY, hingga tahun ini meliputi Pulau Jawa.

Lomba Aritmatika terdiri dari tiga babak yaitu babak penyisihan, semifinal, dan final. Babak penyisihan diselenggarakan di berbagai lokasi, tahun ini Lomba Aritmatika dilaksanakan di sepuluh papan lokasi dari Jawa bagian Barat hingga Timur meliputi Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Purwokerto yang berlokasi di IAIN Purwokerto, Pekalongan di SMPN 1 Wiradesa, Kedu di Universitas Tidar, Pati di SMAN 1 Pati, Yogyakarta di Universitas Gajah Mada, Semarang di Universitas Negeri Semarang dan Surakarta di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Di Jawa bagian Timur meliputi dua papan lokasi ujian yaitu Malang yang berlokasi di Universitas Negeri Malang dan Surabaya di Universitas Negeri Surabaya.

Babak semifinal dilaksanakan dua pekan setelah babak penyisihan. Sistem dari babak semifinal tahun ini dengan tahun sebelumnya berbeda. Aritmatika Jilid VII tahun ini, diambil 40 peserta dengan merengking paralel terlebih dahulu dari seluruh papan lokasi sejumlah 30 dan sisanya barulah diambil juara tiap papan lokasinya.

Babak yang terakhir adalah babak final. Babak final diambil lima besar dengan nilai tertinggi setiap jenjangnya kemudian peserta final mengerjakan satu soal dan mempresentasikannya di hadapan tiga orang juri. Tahun ini semua juri merupakan dosen Pendidikan Matematika.

Penilaian dari babak final adalah 50% ketepatan jawaban dan 50% presentasi, kemudian penentuan juara dihasilkan dari akumulasi satu kali nilai penyisihan ditambah dua kali nilai semifinal dan ditambah lagi tiga kali nilai final.

Peserta Lomba Aritmatika Jilid VII mendapatkan fasilitas soal, snack, suvenir, sertifikat dan mendapatkan voucer belajar Rp1 juta di Lembaga Belajar yaitu Neutron. Fasilitas yang diperoleh peserta semifinal adalah sertifikat rektor dan pameran media pembelajaran Matematika. Panitia juga telah menyiapkan berbagai hiburan untuk peserta.

Peserta yang lolos ke babak final merebutkan posisi juara I, juara II, juara III, harapan I, dan harapan II,dengan hadiah berupa uang pembinaan, sertifikat, dan piala bergengsi.

Bagi Anda yang ingin lomba Aritmatika Jilid VII dapat mendaftar secara online pada 18 Juli 2018-10 Agustus 2018. Pendaftaran offline dibuka pada 23 Juli 2018-20 Agustus 2018, sementara pendaftaran di tempat (on the spot) pada 26 Agustus 2018. Informasi lebih lanjut Anda bisa mengaksesnya di www.aritmatika.uns.ac.id.