Kantor Pos Solo Gratiskan Pengiriman Paket Bantuan ke Lombok

Aktivitas pengiriman paket di Kantor Pos Besar Solo. (dok)
10 Agustus 2018 20:37 WIB Farida Trisnaningtyas Solo Share :

Solopos.com, SOLO--Kantor Pos Solo menggratiskan pengiriman berbagai bantuan untuk peduli korban bencana alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pengiriman gratis untuk korban gempa ini berlaku untuk jangka waktu 8-31 Agustus 2018.

Kepala Kantor Pos Besar Solo, Adi Susanto, mengatakan ini sebagai aksi peduli oleh PT Pos Indonesia terhadap korban bencana alam. Maka dari itu, Kantor Pos membuat kebijakan adanya pengiriman gratis bagi mereka yang ingin menyumbangkan bantuan untuk Lombok.

“Bantuannya bisa berupa barang maupun pengiriman uang. Hal ini supaya saudara kita di Lombok bebannya terkurangi,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (10/8/2018).

Tokopedia

Menurutnya, hal ini untuk memfasilitasi masyarakat yang hendak mengirimkan bantuan bagi korban bencana alam di Lombok. Di sisi lain, PT Pos Indonesia sebagai salah satu BUMN yang peduli dengan masyarakat yang terkena musibah gempa.

Namun demikian, ada beberapa ketentuan yang mesti dipenuhi. Antara lain, berat per kiriman maksimal 20 kg. Akan tetapi, masyarakat diperbolehkan mengirim lebih dari satu kiriman.

Dalam hal ini semua loket kantor pos kecuali agen pos bisa menerima kiriman. Sedangkan untuk alamat tujuan adalah Pos Peduli Korban Bencana Alam Gempa Bumi di Pulau Lombok up. KP Mataram 83000. Bisa juga alamat Posko yang telah ditentukan oleh pengirim untuk tujuan Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, dan Lombok Timur.

“Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan ini untuk mengirimkan makanan maupun pakaian. Akan tetapi, kami sarankan makanan kering agar bisa tahan lama. Selain itu, kami juga menerima pengiriman dalam bentuk uang,” imbuhnya.

Meski baru dua hari dibuka, program ini sudah mendapat respons positif dari masyarakat. Kantor Pos Gladak Solo mencatat pada 9 Agustus menerima dua koli (satuan berat bagasi) dengan berat 2,7 kg dan lima koli dengan berat 19 kg. Sedangkan pada 10 Agustus hingga pukul 13.00 WIB Kantor Pos menerima 2 koli berat 12,8 kg.

Tak hanya bantuan berupa barang, kali terakhir ada siswa-siswa sebuah sekolah di Solo yang secara khusus mengirimkan kartu pos untuk korban bencana alam di Lombok.

“Kami berharap banyak bantuan yang dikirimkan dari masyarakat melalui kami. Semoga ini bisa meringankan saudara kita yang sedang terkena bencana,” jelasnya.