Pelayanan Urusan Haji Karanganyar Cukup Satu Pintu

Bupati Juliyatmono, meletakkan batu pertama pembangunan gedung Pelayanan Haji di Kantor Kementerian Agama Karanganyar, Jumat (10/8/2018). (Istimewa - Diskominfo Karanganyar)
10 Agustus 2018 21:29 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Karanganyar meluncurkan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP). PTSP di Kantor Kemenag Karanganyar menyediakan 73 produk pelayanan dari total 130 model produk pelayanan.

Pada tahap awal 73 produk pelayanan itu meliputi layanan ketatausahaan sebanyak 23 produk, layanan pendidikan agama dan keagamaan Islam 17 produk, layanan pendidikan madrasah 16 produk, layanan penyelenggaraan haji dan umrah lima produk, layanan bimbingan masyarakat Islam lima produk, dan layanan penyelenggara Katolik tujuh produk.

Tokopedia

Kepala Kantor Kemenag Karanganyar, Musta'in Ahmad, menyampaikan 73 produk pelayanan itu tahap awal menyempurnakan pelayanan di Kantor Kemenag Karanganyar yang profesional dan humanis.

"Dari 130 model pelayanan, kami berhasil menyelesaikan 73 produk pelayanan pada tahap awal. Sistem pelayanan dihubungkan secara intranet," kata Musta'in saat memberikan sambutan pada Launching PTSP dan Pembangunan Gedung Pelayanan Haji, Jumat (10/8/2018).

Dia menjelaskan PTSP memberikan kepastian pelayanan untuk masyarakat sesuai standard operating procedure (SOP), yakni kepastian persyaratan, waktu penyelesaian, dan tarif. Musta'in menyampaikan Kantor Kemenag Karanganyar sudah mulai menyelenggarakan pelayanan terpadu satu atap pada Desember 2016.

Selain PTSP, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengalokasikan dana Rp200 juta untuk membangun gedung pelayanan haji. "Semua pelayanan di Kantor Kemenag Karanganyar tidak dipungut biaya. Semoga upaya ini menjadikan pelayanan haji di Karanganyar lebih baik. Tamu cukup tunggu di ruang tunggu yang nyaman sementara teman-teman di back office bekerja," ujar dia.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani, mengapresiasi peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar membantu Kantor Kemenag meningkatkan pelayanan masyarakat. Pada kesempatan itu dia mengingatkan lima nilai budaya kerja yang diluncurkan Kementerian Agama (Kemenag), yakni integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan.

"Ini perhatian pimpinan kepada dinas dan masyarakat. PTSP dan gedung pelayanan haji ini sasaran akhirnya pelayanan publik. Layanan pendaftaran haji satu pintu sudah dilaksanakan," tutur dia.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan harapan peningkatan pelayanan itu memberikan manfaat bagi perkembangan kemajuan keagamaan di Kabupaten Karanganyar. "Saya minta jatah TPHD lalu saya ganti pelayanan haji. Kantor Kemenag sudah banyak mengalami perkembangan kemajuan luar biasa, cepat, dan kegiatan pemerintah selalu ikut ambil bagian. Kemenag banyak mengalami perkembangan luar biasa. Mudah-mudahan PTSP urusan haji bisa memberikan manfaat besar bagi perkembangan kemajuan keagamaan di Karanganyar," tutur Bupati saat memberikan sambutan.