Danar Kembali ke Percaturan, Kali Ini Tujuannya Senayan

Danar Rahmanto (Ist)
10 Agustus 2018 18:44 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI—Warga Wonogiri tentu sudah tak asing dengan Danar Rahmanto. Lelaki kelahiran 10 Juli 1965 itu pernah menjadi orang nomor satu di Kota Sukses periode 2010-2015.

Saat itu dia diusung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Setelah masa jabatannya purna, 1 November 2015, Danar ingin kembali mengabdikan diri untuk periode kedua melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Pilkada 2015 lalu.

Namun, takdir berkata lain. Dia tak mendapatkan tiket dari DPP PDIP. Saat itu, tiket Pilkada 2015 diberikan kepada Joko Sutopo (Jekek).

Setelah itu namanya seolah tenggelam. Dia memilih mengurus perusahaan transportasi miliknya.

Pada tahun ini namanya kembali mengemuka. Danar kembali ke gelanggang politik. Dia berobsesi menjadi Anggota DPR RI melalui PDIP, partai yang diikutinya sejak 1999 silam.

Kepada Solopos.com, Jumat (10/8/2018), Danar mengatakan DPP PDIP sudah mendaftarkannya ke KPU sebagai Anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah (Jateng) VI saat masa pengajuan daftar calon anggota legislatif (caleg), Juli lalu.

Namun, hingga Jumat itu dia belum mendapat pemberitahuan dari KPU dirinya memenuhi syarat (MS) atau tidak.

Silaturahmi

Menurut dia kunci meraih simpati warga sederhana, yakni jujur dan tak memberi janji politik yang berlebihan. Masyarakat sekarang sudah melek politik sehingga dapat menilai seseorang baik atau buruk dari apa yang disampaikan.

Pengabdiannya selama lima tahun memimpin Kota Sukses bisa menjadi modal.

Dia meyakini warga Wonogiri sudah bisa menilai capaian kinerjanya. Kendati demikian Danar tetap akan terjun ke dusun-dusun, desa-desa untuk menyegarkan ingatan warga tentang sosok dirinya. Hal yang sama bakal dilakukannya di Karanganyar dan Sragen, dua dari tiga daerah di Dapil Jateng VI selain Wonogiri.

“Setelah keluar DCT [daftar calon tetap] akhir September mendatang [21-23 September] saya akan mulai bergerak, tentu sesuai tahapan. Silaturahmi ke masyarakat, itu pasti,” kata Danar.

Ditanya apakah langkahnya ingin melaju ke Senayan bagian dari strateginya agar bisa kembali maju di Pilkada Wonogiri 2021, Danar, menyatakan tidak pernah ada rencana untuk hal itu.

Dia menilai kinerja Joko Sutopo yang juga kader PDIP sudah bagus dalam memimpin Wonogiri, sehingga dirinya akan selalu mendukung.