5 Penampil Guncang Pre-Event SIPA 2018 di SGM Solo

Peraga busana anak dari KMCS di pre-event SIPA 2018, Atrium Solo Grand Mall, Solo, Sabtu (11/8 - 2018) malam. (Solopos/Irawan Sapto Adhi)
12 Agustus 2018 12:15 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Acara pre-event perdana Solo International Performing Arts (SIPA) 2018 di Solo Grand Mall (SGM) berlangsung semarak, Sabtu (11/8/2018) malam.

Aksi lima kelompok seni dalam acara tersebut mampu menyedot perhatian para pengunjung mal berkumpul di atrium. Acara pre-event SIPA kali ini mengusung tema Semangat SIPA dalam Keindahan Tari dan Busana.

Tema itu diimplementasikan para penampil dalam wujud beragam pentas tari dan peragaan busana. Lima kelompok seni yang terlibat dalam pre-event di SGM, antara lain Sanggar Tari Citra Jebres, Kids Model Community Solo (KMCS), perwakilan Akademi Seni Mangkunegaran (Asga), Polah Crew dan Semarak Candra Kirana.

Sanggar Tari Citra pada kesempatan kali ini menampilkan tarian berjudul Tari Luyung. Tari Luyung merupakan tarian kreasi baru dari kata Luyung, akronim dari kata Lurik dan Payung.

Dengan kata lain, para penampil dari Sanggar Tari Citra pada acara pre-event kali ini menyajikan tarian dengan menggunakan properti patung dan mengenakan pakaian lurik. Sementara KMCS dari Sanggar AW menampilkan peragaan busana anak-anak.

KMCS membawa sejumlah anak-anak dari berbagai agensi model di Soloraya. Semakin malam, acara pre-event SIPA 2018 kian meriah. Perwakilan Asga Solo menghibur para pengunjung mal dengan pentas tari Tirta Wening.

Tarian tersebut terinspirasi berbagai sumber mata air di bumi. Tirta berarti air dan wening bermakna jernih. Sedangkan Sanggar Semarak Candra Kirana menghibur para pengunjung mal dengan pentas Tari Retno Prawiro.

Tari ini menggambarkan sosok prajurit putri yang sedang berlatih olah kanuragan menggunakan properti pedang. Sang penari menunjukkan semangat membela negara dalam gerak-gerak yang lincah, terampil, dan tegas.

"Kami menggelar kegiatan pre-event untuk memberi alarm kepada masyarakat bahwa sebentar lagi akan ada pergelaran SIPA 2018. Beragam seni pertunjukan yang mewah, megah, dan spektakuler dipastikan akan kembali menyapa masyarakat Kota Solo dalam event tersebut," kata Koordinator Humas SIPA 2018, Henggar Ramadhana, saat ditemui Solopos.com di sela-sela acara pre-event SIPA 2018 di SGM, Sabtu malam.

SIPA 2018 bakal digelar 6-8 September 2018 di Benteng Vastenburg. "Kami akan kembali menggelar acara pre-event pada 5 September mendatang. Acara pre-event itu akan kami kemas dengan SIPA Goes to Campus yakni di Universitas Sebelas Maret Solo. Akan ada penampilan Danilla, Fisip Meraung, Keroncong Smaracatur, dan Chinese Youth Goodwill Association Taiwan di acara tersebut nanti," terang Henggar.