Jawaban Bupati Bikin Calon Perdes Sragen Gigit Jari

Para calon perangkat desa dari 17 desa berdemo di Alun-alun Sragen, Senin (13/8 - 2018). (Solopos/Tri Rahayu)
13 Agustus 2018 15:15 WIB Suharsih Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Ratusan peserta seleksi calon perangkat desa (perdes) Sragen yang berdemo di Alun-alun Sasana Langen Putra depan kompleks Setda Sragen, Senin (13/8/2018), pulang dengan tangan hampa setelah tuntutan mereka tak dikabulkan oleh Bupati Kusdinar Untuk Yuni Sukowati.

Sebelumnya, seusai berdemo dan berorasi di Alun-alun, para calon perdes itu diberi kesempatan bertemu Bupati di Kantor Setda. Ada 10 perwakilan calon perdes dari 17 desa di empat kecamatan yang diberi kesempatan masuk ke ruang rapat Bupati.

Berdasarkan pantauan wartawan Solopos, Tri Rahayu, di lokasi, para calon perdes menyampaikan beberapa tuntutan di antaranya menolak hasil ujian seleksi perdes yang digelar serentak Senin (6/8/2018) lalu dan menuntut ujian diulang. Selain itu, mereka meminta pelantikan calon perdes yang dinyatakan lolos seleksi ditunda.

Namun, Bupati yang akrab disapa Yuni menyatakan tidak bisa mengabulkan permohonan para peserta seleksi calon perdes tersebut. Bupati beralasan pengisian perdes merupakan wewenang pemerintah desa.

"Secara regulasi, pelaksanaan pengisian perdes adalah wewenang desa. Itu tidak bisa diubah karena merupakan amanah UU Desa, jadi kalau kabupaten mengambil wewenang itu tidak mungkin," jelas Bupati dalam pertemuan itu.

Terkait penundaan pelantikan calon perdes yang lolos seleksi, Bupati mengatakan hal itu perlu kajian terkait legal standing dan lain-lain. "Saya belum bisa memberi jawaban [soal pelantikan]," ujar Yuni.

Sebagaimana diinformasikan, para peserta seleksi calon perdes Sragen menolak hasil seleksi lantaran dinilai penuh kejanggalan dan kecurangan. Sebelumnya, para peserta seleksi sudah melakukan berbagai upaya protes, mulai dari mendatangi balai desa, menemui Sekretaris Daerah (Sekda), hingga mendatangi panitia dari perguruan tinggi di kampus terkait untuk meminta kejelasan hasil tes.