85 Mahasiswa ISI Wisuda, Puluhan Karya Dipamerkan

Ilustrasi pertunjukan wayang. (Solopos/Dok)
14 Agustus 2018 22:28 WIB Insetyonoto Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Solo menggelar pameran hasil karya tugas akhir 85 calon wisudawan.

Aneka karya yang dipamerkan mulai dari karya seni lukis; kriya kayu; kriya logam; batik; fotografi; desain komunikasi visual; desain interior; televisi dan film. Wakil Dekan I FSRD ISI Solo, Moch. Sofwan Zarkasi, mengatakan pameran ini merupakan bentuk apresiasi kepada 85 calon wisudawan. “Selain pameran juga diselenggarakan bimbingan karir dan lepas wisuda,” katanya, Selasa (14/8/2018).

Melalui pameran ini, lanjut dia, dapat dilihat pencapaian mahasiswa FSRD ISI Solo melalui karya tugas akhir, baik jalur skripsi maupun jalur karya.

Para calon wisudawan menunjukkan kepiawaian dalam mengolah teknik penciptaan karya dan memiliki kedalaman konseptual. 

Dia mencontohkan karya dari mahasiswa DKV mengangkat tema tentang dolanan anak yang disampaikan dalam bentuk buku pop up audio yang interaktif dan menarik.

Ada pula karya kriya logam yang merespons alat musik jimbe dengan teknik tatah yang mumpuni, serta karya lain yang unik dan menarik.

“Pameran karya tugas akhir calon wisudawan ini juga sebagai media publikasi serta pertanggungjawaban dari civitas akademik kepada masyarakat,” ujar Zarkasi.

Pembukaan pameran tugas akhir karya 85 calon wisudawan tersebut dilakukan Rektor ISI Solo, Guntur pada Senin (13/8/2018).

Pameran yang digelar di Galeri FSRD ISI Mojosongo terbuka untuk umum dan gratis akan berlangsung hingga 16 Agustus 2018.

Zarkasi menambahkan selain 85 wisudawan FSRD,  ISI Solo juga melakukan wisuda 21 orang dari Institut Seni dan Budaya (ISB) Makassar sebagai pendidikan di luar domisi (PDD) ISI Solo.

“PDD ISI Solo di Makassar ini sebagai embrio ISB Sulawesi Selatan,” imbuhnya. 

 

Tokopedia