140 Pelajar Klaten Terpilih Menjadi Petugas Paskibra

Pasukan pengibar bendera (Paskibra) tingkat Kabupaten Klaten berlatih di Alun-alun Klaten, Selasa (14/8).(Solopos - Taufiq Sidik Prakoso)
14 Agustus 2018 20:45 WIB Taufik Sidik Prakoso Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN – Sebanyak 140 pelajar menjadi pasukan pengibar bendera (Paskibra) saat digelar upacara HUT ke-73 Kemerdekaan Indonesia di Alun-alun Klaten, Jumat (17/8/2018). Sementara, satu pelajar asal Kabupaten Bersinar bernama Feri dari SMAN 3 Klaten menjadi petugas Paskibra tingkat provinsi.

Koordinator pelatih Paskibra Klaten, Pelda Sumarno, mengatakan para petugas Paskibra itu berasal dari berbagai SMA/SMK di Klaten. Mereka sebelumnya mengikuti tahap seleksi meliputi tes wawancara, fisik, serta kemampuan pelatihan baris berbaris (PBB).

Pelda Sumarno mengatakan pelatihan sudah dimulai sejak 24 Juli. Para pelajar itu saban hari mengikuti pelatihan dengan instruktur gabungan TNI dan Polri. “Dari seleksi salah satu Paskibra Klaten masuk sebagai paskibra tingkat provinsi,” kata dia saat ditemui di Alun-alun Klaten, Selasa (14/8/2018).

Prajurit TNI yang bertugas di Koramil Jatinom itu mengatakan pelatihan para Paskibra meliputi pelatihan fisik, PBB, serta beberapa kesempatan para pelatih menyelipkan wawasan kebangsaan. Hal itu dimaksudkan untuk menanamkan kecintaan terhadap Indonesia.

Sebenarnya tidak ada kendala. Yang perlu ada latihan ekstra itu menyamakan gerakan PBB mereka karena berasal dari berbagai sekolah,” ungkapnya.

Pelda Sumarno menjelaskan dari 140 Paskibra tersebut, sebanyak 70 orang bertugas mengibarkan bendera dan 70 orang menurunkan bendera. Masing-masing pasukan dikawal oleh empat prajurit TNI.

Salah satu petugas Paskibra, Fenella, 16, mengatakan selama hampir tiga pekan saban pagi hingga siang ia mengikuti latihan sebagai Paskibra. Selama itu pula, ia mendapatkan kompensasi tak mengikuti pelajaran di sekolah.

Latihannya cukup berat tetapi tetap senang. Rasanya bangga bisa menjadi salah satu pasukan pengibar bendera,” kata Fenella yang bertugas membawa baki.

Tokopedia