Istri Tinggalkan Suami Sakit Parah di Solo Akhirnya Ketemu

Herry Rahmad Setiawan, 44, terbaring lemas di rumah kontrakannya di RT 004/RW 036 Jebres, Solo, Senin (13/8 - 2018) pagi. (Solopos/Irawan Sapto Adhi)
15 Agustus 2018 14:35 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Herry Rahmad Setiawan, 44, warga Solo yang ditinggalkan istrinya saat menderita sakit parah akhirnya berhasil mengetahui keberadaan istrinya, Asih Widiastuti, 40.

Perempuan yang sudah sembilan hari menghilang itu diketahui berada di Lampung. Rahmad lega sudah mengetahui di mana istrinya dan bagaimana kondisinya. Namun di sisi lain Rahmad juga bingung karena tidak mungkin berangkat ke Lampung untuk menemui sang istri.

Kondisinya yang tak bisa berjalan akibat kurang asupan gizi sebagai dampak asal lambung akut yang dideritanya tak memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh sampai ke Lampung.

Rahmad mendapat kabar soal istrinya, Selasa (14/8/2018) sore melalui pesan Whatsapp (WA) yang masuk di handphone-nya. Pesan itu berisi tautan berita mengenai kabar istrinya, Asih widiastuti, 40, yang sudah sembilan hari pergi tanpa kabar meninggalkan rumah.

Bapak dua anak itu senang karena istrinya dipastikan telah ketemu. Namun, dia mengaku sedih ternyata istrinya dikabarkan tengah berada di Lampung.

Pesan WA yang diterima Rahmad itu dari seseorang yang mengaku anggota Humas Polres Tanggamus, Lampung. Dia menerima tautan berita yang termuat dalam laman polrestanggamus.com. Rahmad mempercayai kebenaran berita tersebut.

Berita berjudul "Sigap Terima Informasi Orang Hilang Asal Jateng, Polsek Semaka Lakukan Pencarian, Ini Hasilnya?" itu menyebutkan Asih Widiastuti saat ini tegah menumpang tinggal di rumah Suyanto, 42, warga Desa Sidodadi, Semaka, Tanggamus. Asih dikabarkan pergi ke Lampung karena ingin bekerja.

“Saya sudah curiga istri saya pergi ke Lampung. Soalnya saya mendapat infomasi dari petugas Kelurahan Jebres, istri saya sempat meminta surat jalan ke Lampung dengan memalsukan tanda tangan saya. Saya bersyukur istri saya sekarang benar-benar sudah ditemukan,” kata Rahmad saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (15/8/2018).

Rahmad mengaku tak sanggup jika harus menjemput istrinya di Lampung sekarang. Kondisi tubuhnya masih lemah. Dia juga tak punya uang untuk membayari anaknya ke Lampung.

Rahmad berharap ada orang yang membantu memulangkan istrinya. Syukur-syukur istrinya punya uang untuk pulang ke Solo. Rahmad mengaku belum bisa menghubungi istrinya yang berada di Lampung.

Rahmad ingin Asih kembali pulang ke Solo dan tetap mendampinginya serta membimbing kedua anaknya. Setelah mengetahui keberadaan istrinya, Rahmad berterima kasih kepada teman-temannya di media sosial (medsos) yang menginformasikan kondisinya.

“Awalnya saya minta tolong teman-teman untuk memviralkan informasi kepergian istri saya lewat Facebook atau Whatsapp. Saya beruntung ternyata banyak yang merespons termasuk petugas Kelurahan Jebres yang mengabarkan istri saya mengajukan surat jalan ke Lampung. Sampai pada akhirnya ada pengguna Facebook yang mengirim informasi ke Humas Polres Tanggamus dan ditindaklanjuti,” tutur Rahmad.

Sementara itu, dalam laman polrestanggamus.com diberitakan pada Selasa (14/8/2018) siang, Anggota Polsek Semaka Aiptu Sudarto, Bhabinkamtibmas Brigadir Barbara, didampingi Kepala Pekon atau Kepala Desa Sidodadi, Wasikun melaksanakan pengecekan ke rumah warga yang menampung perempuan 40 tahun bernama Asih Widiastuti.

Mereka bergerak setelah halaman Facebook Humas Polres Tanggamus mendapat laporan dari masyarakat terkait dugaan hilangnya warga asal Jawa Tengah (Jateng) yang saat ini berada di wilayah Hukum Polres Tanggamus. Pada kesempatan itu, Brigadir Barbara dan Aiptu Sudarto memberikan konseling serta pembinaan kepada Asih Widiastuti agar bisa kembali kepada keluarganya di Solo.

"Berkaitan dengan informasi dari Polres Tanggamus, tadi didampingi Kepala Pekon telah berhasil menemukan seorang wanita bernama Asih Widiastuti, saat ini menumpang dirumah warga bernama Suyanto, 42, di Pekon Sidodadi Semaka," kata Brigadir Barbara dikutip dari laman polrestanggamus.com.

“Sudah kami sampaikan dan saudari Asih Widiastuti mengaku akan segera pulang ke Solo,” sambung Barbara.