Pedagang Dukung Pasar Triwindu Solo Masuk Paket Wisata Kota

Berbagai gambar lawas berupa foto maupun reklame dipajang di kios pasar Triwindu, Solo. (dok)
15 Agustus 2018 14:56 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO--Pedagang barang lawas dan antik di Pasar Triwindu Solo menilai masuknya Pasar Triwindu sebagai salah satu destinasi yang ditawarkan oleh pelaku biro perjalanan wisata bisa membantu memperkenalkan pasar ke masyarakat lebih luas. Mereka pun berharap hal itu bisa berdampak positif pada kegiatan ekonomi di pasar tersebut ke depannya.


Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Triwindu, Dodi Sudarsono, mengatakan pada prinsipnya mendukung upaya dari para biro perjalanan wisata di Solo yang menjadikan Pasar Triwindu sebagai salah satu destinasi tujuan wisata dalam paket yang dijual. Dia mengatakan saat ini sebagian pengunjung Pasar Triwindu juga merupakan wisatawan baik luar maupun dalam negeri.

Dodi mengatakan saat ini dalam sehari Pasar Triwindu didatangi sekitar 200 orang untuk hari-hari biasa. Meskipun tidak semua pengunjung melakukan transaksi, setidaknya sudah mengenal pasar.

"Jadi kami menyambut baik pembukaan paket wisata tersebut. Meskipun kami pedagang tidak bisa memberikan apa-apa kepada tour leader," kata dia saat dihubungi solopos.com, Selasa (14/8/2018).

Diketahui Pasar Triwindu merupakan salah satu pasar khusus yang ada di Solo. Dikatakan khusus karena pasar tersebut khusus menjual barang-barang lawas atau antik. Selain keunikan dari barang dagangannya, Dodi mengatakan kekhasan lain dari Pasar Triwindu adalah sistem transaksinya yang masih menggunakan pola tawar-menawar.

"Ketika ada barang dengan harga yang ditentukan pedagang, pengunjung bisa menawar. Kalau bisa mendapatkan harga yang selisihnya signifikan dengan harga yang ditentukan di awal tentu akan menimbulkan kepuasan tersendiri bagi pembeli," lanjut dia.

Sementara itu, salah satu pedagang Pasar Triwindu, Sular, juga mendukung apa yang dilakukan Association of The Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita) Solo yang membuka paket wisata kota yang menjadikan Pasar Triwindu salah satu destinasi tujuannya. "Kami tentu terbuka. Semakin banyak yang datang, semakin bagus. Bisa mengenalkan pasar lebih luas," kata dia saat ditemui solopos.com, di Pasar Triwindu, Senin (13/8/2018).

Diketahui mulai akhir Juli lalu, Asita Solo membuka promo paket wisata kota dengan nama Paket Wisata Surakarta yang dijual mulai Rp222.000. Ada beberapa destinasi yang ditawarkan. Pasar Triwindu merupakan salah satu destinasi yang ditawarkan di setiap paketnya selain Lojigandrung, Pura Mangkunegaran dan Sangiran.