Foto Deretan Mobil Esemka di Pabrik Boyolali, Ini yang Sebenarnya

Deretan mobil yang disebut-sebut sebagai mobil Esemka. (Facebook - Mas Jack Juventini)
16 Agustus 2018 18:57 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI -- Foto-Foto yang diperkirakan merupakan mobil Esemka kembali muncul di media sosial Facebook. Kali ini foto-foto tersebut diunggah oleh akun Mas Jack Juventini di grup Boyolali Kota (Boykot) pada Rabu (15/8/2018).

Unggahan itu menyertakan tiga buah foto yang diperkirakan diambil dari sekitar pabrik Esemka di Sambi, Boyolali. Pada foto pertama, tampak sebuah papan dengan logo Esemka dan bertuliskan PT Solo Manufaktur Kreasi. Foto kedua menunjukkan sederet mobil berwarna terang yang tertata di luar pabrik. Dalam foto itu setidaknya terdapat 23 unit mobil. Sedangkan foto ketiga terlihat objek yang sama dalam posisi yang lebih jauh.

Mas Jack Juventini menuliskan keterangan pada postingan tersebut dengan kalimat “Semua butuh proses, Semua butuh waktu, Semua butuh sabar, Mobil esemka”. Hingga Kamis sekitar pukul 14.30 WIB, postingan tersebut telah mengudang 886 komentar dan telah 47 kali dibagikan.

Sementara itu, ketika menyambangi pabrik Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Kamis, Solopos.com hanya ditemui oleh Sugiyono, seorang petugas sekuriti, di pintu gerbang masuk. Setelah Solopos.com menyampaikan maksud kedatangan untuk bertemu dengan pengelola pabrik, Sugiyono mempersilakan Solopos.com untuk menemui atau menghubungi pengelola di Jakarta. “Silakan menghubungi yang di Jakarta saja,” ujarnya.

Sementara itu, di kejauhan tampak beberapa mobil berderet di luar pabrik berbentuk pikap. Sebagai catatan, hal ini juga konsisten dengan penampakan mobil dalam foto yang juga berjenis pikap. Namun belum jelas apakah mobil-mobil itu yang disebut sebagai mobil Esemka atau bukan. Selain itu, tidak terlihat jelas pula apakah bodi mobil itu sudah sempurna (bermesin) atau belum.

Sebelumnya, foto mobil Esemka juga muncul di media sosial Facebook. Foto ini pun kian membuat orang penasaran dengan mobil nasional tersebut. Dalam foto itu, mobil SUV berwarna putih tersebut diangkut dengan sebuah truck loader. Di bagian belakang mobil Esemka tertera bedge bertuliskan Garuda 1.

Tidak jelas foto diambil kapan dan di mana, namun foto itu membuat orang bertanya-tanya apakah mobil Esemka telah benar-benar diproduksi. Solopos.com pun menyambangi salah satu pabrik Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Solopos.com, pabrik tersebut hingga saat itu belum beroperasi memproduksi mobil Esemka. Bahkan pabrik tersebut belum dilengkapi mesin produksi maupun penunjangnya.

Tokopedia