KPU di Soloraya Mencari Anggota

Panwaslu Karanganyar saat memintai keterangan warga Mojogedang, Supardi, di Kantor Panwaslu, Kamis (5/4 - 2018). (Solopos/Ponco Suseno)
17 Agustus 2018 23:24 WIB Ivan Andimuhtarom Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Tim Seleksi Jateng 3 Anggota KPU kabupaten/kota Soloraya (minus Karanganyar) melakukan seleksi anggota KPU masa bakti 2018-2023.

Ketua Tim Seleksi Jateng 3, Agus Riewanto, menuturkan seleksi sudah sampai proses wawancara yang berlangsung Kamis (16/8/2018), Sabtu-Minggu (18-19/8/2018). Ada beberapa indikator yang digunakan di antaranya integritas, profesionalitas, wawasan kebangsaan, integrasi bangsa, NKRI, kepemiluan, sistem kepartaian, sistem ketatanegaraan, dan sistem politik.

"Kami mengklarifikasi tanggapan warga pada para calon. Kami juga meminta mereka menjelaskan track record mereka," kata dia.

Tim seleksi terdiri atas lima orang. Selain Agus, ada pula Khomsun Nur Arif, Bramastia, Woro Retaningsih, dan Margareta Andoea. Hasil wawancara akan menentukan 10 terbaik dari masing-masing kabupaten/kota.

"Hasilnya kami umumkan 27 Agustus ke publik. Awal September kami serahkan ke KPU RI karena fit and proper test dilaksanakan oleh pusat. Saya kira masih ada waktu hingga masa jabatan KPU habis pada Oktober," terang pakar hukum asal UNS Solo tersebut.

Di Solo, lanjutnya, tiga dari lima petahana KPU kembali maju dan sampai di tahap wawancara. Mereka adalah Nurul Sutarti, Kajad Pamuji
Joko Waskito, dan Suryo Baruno. Di Sragen dan Wonogiri, tak ada satupun petahana yang maju dalam seleksi.

Anggota KPU Solo, Pata Hindra Aryanto, mengatakan Agus Sulistyo memang sudah mundur dari KPU Solo. KPU Solo segera melakukan rapat pleno menentukan Ketua KPU Solo yang akan menjabat hingga selesai masa bakti pada 24 Oktober mendatang.

"Saya dan Pak Agus sudah dua periode di KPU sehingga kami mencari jalan pengabdian yang lain," ungkapnya kepada solopos.com.

 

Tokopedia