Warga Sendang Upacara Pitulasan di Landasan Gantole Puncak Joglo

Warga Desa Sendang melaksanakan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia di Puncak Joglo pada ketinggian berkisar 500 mdpl, Jumat (17/8/2018). (Solopos - Ichsan Kholif Rahman)
17 Agustus 2018 20:16 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI—Ratusan warga Desa Sendang bersama pemerintah desa, kelompok sadar wisata, badan usaha milik desa (BUM Desa), dan siswa sekolah dasar, menggelar Upacara Hari Kemerdekaan RI di landasan gantole, Puncak Joglo, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Jumat (17/8/2018) pagi.

Upacara yang dipimpin oleh Pj.Kepala Desa Sendang, Suparno, berlangsung khidmat dalam kondisi cuaca berangin. Ketinggian Puncak Joglo yang menjadi andalan wisata Desa Sendang berkisar 500 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Suparno mengatakan Puncak Joglo baru kali pertama menjadi lokasi penyelenggaraan upacara. “Upacara HUT RI tahun ini sangat istimewa karena peserta upacara disajikan pemandangan apik Waduk Gajah Mungkur dan deretan gunung-gunung,” ujar Suparno.

Sementara itu, Suparno menganggap upacara di Puncak Joglo merupakan hal yang menarik dan ia berharap pada tahun depan dapat diulangi kembali.

Sekretaris Desa Sendang, Agung Susanto, mengapresiasi warga yang antusias rela menghadapi cuaca panas untuk tetap melangsungkan upacara.

Direktur BUM Desa Sendang, Sukamto, mengaku terbuka dan mendukung seluruh kegiatan apapun yang dilaksanakan di wisata andalan Desa Sendang yakni Puncak Joglo.