De Tjolomadoe Karanganyar Siap Cetak Rekor Muri dengan 17.845 Timus

Pekerja merapikan tenda untuk stan bazar kuliner di area parkir De Tjolomadoe, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Kamis (16/8 - 2018). (Solopos/Iskandar)
18 Agustus 2018 10:35 WIB Iskandar Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pengelola De Tjolomadoe Karanganyar siap mencetak rekor di Museum Rekor Indonesia (Muri) dalam Festival Timus 2018. Sebanyak 17.845 timus akan disajikan dalam acara pada Sabtu (18/8/2018) ini.

Pelaksana Marketing De Tjolomadoe, Achmad Ridho, mengatakan festival itu digelar untuk menyambut dan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan RI. Rangkaian acara yang dimulai Kamis (16/8/2018) sampai Minggu (19/8/2018) ini didukung Pemkab Karanganyar dan Radio Metta FM Solo.

“Acaranya banyak di antaranya performance band-band indie Soloraya, bazar UKM, pameran otomotif, dan sebagainya. Puncak acara Sabtu yaitu pemecahan replika gedung De Tjolomadoe menggunakan 17.845 buah timus,” ujar dia ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis.

Acara ini, papar dia, akan dimulai pukul 12.00 WIB. Untuk menyemarakkan suasana Kecamatan Colomadu, Karanganyar, menggelar karnaval pembangunan pada puncak acara pemecahan rekor Muri.

Menurut dia, jumlah timus sebanyak itu disesuaikan dengan tanggal, bulan, dan tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yakni tanggal 17 bulan delapan tahun 45 atau tahun 1945.

Dia menjelaskan guna menyemarakkan suasana, penyelenggara mulai Kamis malam sudah menggelar berbagai hiburan di antaranya performance band-band indie Soloraya, bazar dari UKM, pameran otomotif, dan sebagainya.

Terpisah, Kasi Pemerintahan Kecamatan Colomadu, Joko Purnomo, mengatakan siap mendukung acara pemecahan rekor Muri dengan menghadirkan karnaval pembangunan pada Jumat (17/8/2018).

“Iring-iringan karnaval kami mulai dari Lapangan Paulan. Sebelas desa di Colomadu menampilkan peserta karnaval dengan kreasi masing-masing,” ujar dia.