Selamat Ulang Tahun Ke-67 Raja Mangkunegaran Solo

Raja Mangkunegaran IX (dua dari kanan) memotong kue dalam syukuran ulang tahun raja ke-67 di Puro Mangkunegaran, Sabtu (18/8 - 2018) malam. (Solopos/ Muhammad Ismail)
19 Agustus 2018 23:15 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA)  Mangkunegoro IX yang merupakan Raja Mangkunegaran Solo genap bersuia 67 tahun pada Sabtu (18/8/2018).

Keluarga raja Mangkunegaran menggelar acara syukuran secara sederhana di Pendapa Ageng Puro Mangkunegaran, Timuran, Banjarsari, Solo Sabtu malam.

"Tepat tanggal 18 Agustus Sri Paduka Mangkunegoro  IX berulang tahun ke-67 tahun. Saya sebagai putri ke-3 bersama keluarga mengadakan syukuran secara sederhana di dalam kerajaan," ujar Putri Dalem KGPAA Mangkunegoro  IX, Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sudjiwo saat ditemui wartawan di kompleks Puro Mangkunegaran, Sabtu.

Marina mengungkapkan pesta ulang tahun raja secara sederhana ini juga dihadiri dari keluarga kakak  Dalam acara itu Raja Mangkunegaran Solo mengundang pejabat luar mulai dari institusi Polri dan TNI. Selain itu juga mengundang tamu dari sejumlah tokoh penting di Kota Bengawan.

"Kami mewakili keluarga berharap Raja selalu diberikan kesehatan serta umur panjang sehingga bisa berkumpul bersama keluarga dan abdi dalem," kata dia.

Marina yang juga menjabat sebagai Pembina Kemantren Langen Projo Mangkunegaran ini menjelaskan dalam acara ini menampilkan tarian Golek Mantro untuk persembahan raja dan tamu undangan. 

Tarian Golek Montro, lanjut dia, merupakan karya  KGPAA Mangkunegoro VII (1855-1944). Tarian berdurasi tiga puluh menit ini bercerita tentang gadis-gadis keraton yang beranjak dewasa, yang mulai gemar berhias untuk menyambut tamu agung kerajaan.

"ASGA [Akademi Seni Mangkunegaran Surakarta] dan Kemantren Langen Projo ambil bagian untuk mementaskan seni tari di hadapan Sri Paduka Mangkunegaran IX," kata dia. 

Tokopedia