5 Napi LP Klaten Bebas setelah Terima Remisi

Bupati Klaten menyerahkan surat keputusan pemberian remisi kepada warga binaan di LP Kelas IIB Klaten, Jumat (17/8 - 2018). (Solopos/Cahyadi Kurniawan)
19 Agustus 2018 10:15 WIB Cahyadi Kurniawan Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Lima narapidana (napi) di Lembaga Pemasyatakatan (LP) Kelas IIB Klaten dinyatakan bebas seusai menerima remisi pada peringatan HUT ke-73 RI. Kali ini ada 146 narapidana menerima remisi umum 1 dan remisi umum 2.

Kepala LP Kelas IIB Klaten, Turyanto, mengatakan tahun ini ada 146 warga binaan agar mendapatkan remisi. Secara terperinci, dari jumlah itu sebanyak 135 warga binaan menerima remisi umum 1 dan 11 lainnya menerima remisi umum 2.

Dari 11 warga binaan yang menerima remisi umum 2, ada lima orang yang langsung bebas per 17 Agustus. “Enam orang sisanya bebas seiring perjalanan turunnya surat keputusan mendapatkan remisi pada peringatan HUT ke-73 RI,” kata dia saat ditemui wartawan seusai upacara penyerahan remisi kepada warga binaan di LP Kelas IIB Klaten, Jumat (17/8/2018).

Ia menyatakan seluruh warga binaan penerima remisi dipastikan memenuhi syarat baik administrasi, sudah menjalani pidana minimal enam bulan, dan berkelakuan baik.

Tak hanya itu, LP juga terus memberikan pembinaan kemandirian dan kepribadian kepada warga binaan. Pembinaan kemandirian itu yakni memberikan pelatihan soal produksi alat peraga edukasi (APE), pembuatan kerajinan dari kulit ikan pari, dan lainnya.

“Khusus pembinaan kepribadian, LP membikin program baru yakni program menghafal Alquran,” terang dia.