CFS Wonogiri Pagi Ini Ditiadakan untuk Pawai Pembangunan

Pengunjung memadati area CFS di Jl. Pemuda II kawasan kota Wonogiri, Minggu (13/5 - 2018). (Solopos/Rudi Hartono)
19 Agustus 2018 06:15 WIB Ichsan Kholif Rahman Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Pemerintah Kabupaten Wonogiri menggelar Pawai Budaya Potensi Pembangunan serentak di 25 kecamatan pada Minggu (19/8/2018) pukul 09.00 WIB.

Pawai Budaya Potensi Pembangunan dilaksanakan di tiap-tiap kota kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Car Free Sunday (CFS) diliburkan untuk pawai Kecamatan Wonogiri dan arus lalu lintas di jalan protokol (depan Pasar Kota Wonogiri) dialihkan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri, Ismiyanto, kepada Solopos.com, Sabtu (18/8/2018), mengatakan arus lalu lintas diperkirakan akan padat di kawasan kota Wonogiri.

“Kecamatan Wonogiri salah satu yang akan padat lalu lintasnya karena berada di jalan protokol. Karnaval akan dimulai dari Lapangan Sukorejo ke arah utara menuju Pendapa Kabupaten Wonogiri. Kami akan menyebar personel di beberapa lokasi rawan kepadatan. Selain itu CFS di Jl. Pemuda akan ditiadakan dahulu,” ujar Ismianto.

Dishub tidak membuat persiapan khusus untuk mengatur lalu lintas tersebut. Dishub akan menyebar personel guna mengantisipasi kemacetan lalu lintas di Kecamatan Wonogiri.

Arus lalu lintas dari selatan yang hendak menuju Solo akan diarahkan menuju ke barat tepat di simpang empat sebelum Lapangan Sukorejo. Dari situ, kendaraan diarahkan menuju ke jalan belakang pasar hingga simpang empat Ponten.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kemacetan akibat iring-iringan pawai yang membutuhkan ruang cukup lebar di jalan utama Wonogiri. Selain di Kecamatan Wonogiri, Kecamatan Ngadirojo, Pracimantoro, Baturetno, Purwantoro, dan Slogohimo juga diperkirakan akan terjadi kepadatan arus lalu lintas.

Para petugas Dishub di Terminal Tipe C telah diminta membantu kelancaran lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan. Selain itu, para petugas akan berjaga di jalan provinsi yang diperkirakan ramai di Wonogiri.

Kapolsek Wonogiri, AKP Surono, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Robertho Pardede, mengatakan Pawai Budaya Potensi Pembangunan dimulai pada pukul 08.00 WIB dan arus lalu lintas dari arah Waduk Gajah Mungkur yang hendak menuju Simpang Ponten dibelokkan ke kiri melewati belakang Pasar Kota Wonogiri.

Rencana pengamanan jalur telah siap dan koordinasi dengan stakeholders lain mengenai pengaturan lalu lintas telah dilakukan sebelumnya.

Tokopedia