Salat Iduladha Hari Ini, Sembelih Kurban Besok atau Lusa

Jemaah mendengarkan khotbah dari penceramah Nur Kholis seusai Salat Iduladha di Kompleks Yayasan Al Azhar Sukoharjo, Selasa (21/8/2018). (Istimewa-Humas Al Azhar - Nur Liana Imamah)
21 Agustus 2018 19:00 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sebagian warga Sukoharjo melaksanakan Salat Iduladha, Selasa (21/8/2018), atau mendahului ketetapan pemerintah Rabu (22/8/2018). Meski sudah Salat Id, penyembelihan hewan kurban dilakukan keesokan harinya atau lusa.

Warga Yayasan Al Azhar, Solo Baru, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo melaksanakan Salat Id memperingati Hari Idul Adha di halaman kampus Al Azhar. Sedangkan warga Sukoharjo Kota melaksanakan Salat Id di halaman Masjid Nurul Huda, Lingkungan Kradenan, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo, dan jalan kampung dekat masjid tersebut.

Salah seorang panitia Salat Id Kampung Kradenan, Lilik, menyatakan imam dan khotib pada Salat tersebut Ihsan Susanto dari Sukoharjo. pelaksanaan Salat Id dilakukan jam 06.00 WIB. “Banyak warga mengikuti Salat Id tersebut hingga ke jalan kampung sekitar masjid,” kata dia.

Dia mengatakan warga hanya melaksanakan Salat Id sedangkan penyembelihan hewan kurban dilakukan Rabu (22/8/2018).

“Isi khotbah tentang sejarah kurban dan berjuangan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang ikhlas menjalankan perintah Allah SWT. Saat Ismail mau disembelih untuk melaksanakan perintah Allah berubah menjadi hewan kurban,” jelasnya.

Kegiatan Salat Id juga dilaksanakan di halaman Kampus Yayasan Al Azhar, Solo Baru, Baki, Sukoharjo. Pejabat Humas Al Azhar, Nur Liana Imamah, mengatakan imam dan khotib pada Salat Id adalah Ustaz Nur Kholis.

“Tema Idul Adha tahun ini bahwa di dunia itu hanya sementara hendaknya mencari bekal sebanyak mungkin. Anak sholih dan sholihah adalah bekal sebaik-baik bekal,” ujar Liana yang akrab dipanggil Lia.

Dalam kesempatan itu, ujarnya, khotib Nur Kholis juga berceritakan perjuangan Nabi Ibrahim dengan Nabi Ismail, seorang ayah dengan anak kandung sehingga menjadi Hari Raya Idul Adha atau Idul kurban.

“Salat Id dilaksanakan jam 06.05 WIB hingga jam 06.58 WIB dengan diikuti jemaah sebanyak 800 orang hingga 900 orang. Hari ini [Selasa] hanya dilaksanakan Salat Id sedangkan penyembelihan hewan kurban dilakukan lusa [Kamis, 23/8/2018]. Sebanyak empat ekor sapi dan 35 ekor kambing akan disembelih untuk dibagikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Tokopedia