Wawali Solo Serahkan Sapi Presiden ke Masjid Agung

Peternak sapi menunjukkan sapi-sapi bantuan dari Presiden RI dan Gubernur DIY di Kantor Gubernur DIY, Kompleks Kepatihan, Jogja, Senin (20/8 - 2018). (Harian Jogja / Desi Suryanto)
22 Agustus 2018 10:15 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Ribuan warga khusyuk mengikuti salat Iduladha di Masjid Agung Solo, Rabu (22/08/2018). Salat Id dimulai pukul 06.25 WIB.

Bertindak sebagai imam salat id di Masjid Agung adalah Ibrahim Asfari yang juga ketua Pondok Pesantren Tahfidz Wa Ta’limil Qur’an (PPTQ) Masjid Agung. Sedangkan khatib Salat Id yakni ketua Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Solo, Moh Abdul Kholiq Hasan.

"Marilah kita tingkatkan ketakwaan kepada Allah. Sebuah ketakwaan yang kita teladani dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail," kata Ibrahim Asfari dalam khutbahnya.

Ibrahim Asfari mengatakan setiap tahun umat muslim memperingati Iduladha, yakni sebuah peringatan yang tidak bisa dipisahkan dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Banyak yang bisa diteladani dari kisah mereka. Nabi Ibrahim bukan hanya memahami kebenaran dan hidup secara benar tapi sangat mencintai kebenaran sehingga kehidupannya selalu disandarkan kepada Allah SWT. "Sikap hidup seperti itu sangat penting bagi kita di zaman sekarang ini," katanya.

Setelah Salat Id dilanjutkan penyerahan hewan kurban berupa seekor sapi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diwakilkan oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Achmad Purnomo kepada panitia kurban Masjid Agung. Dalam perayaan Iduladha ini secara keseluruhan jumlah hewan kurban di Masjid Agung ada enam ekor sapi dan 20 kambing.

"Nantinya akan dibagikan kepada masyarakat di sekitar Masjid Agung," kata salah satu panitia kurban Masjid Agung Solo, Mustaqim.

Mustaqim mengatakan hewan kurban tersebut akan didistribusikan kepada 1.285 penerima warga di lingkungan masjid. Selain itu juga masyarakat umum yang mendatangi Masjid Agung.