Tunas Kelapa Menginap Semalam di Baki Sukoharjo

Wabup Sukoharjo, Purwadi, yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Sukoharjo (kanan) menerima tunas kelapa dari Wabup Wonogiri, Edy Santoso, di Lapangan Desa Tiyaran, Kabupaten Bulu, Sabtu (25/8 - 2018). (Istimewa/Humas Pemkab Sukoharjo
25 Agustus 2018 20:00 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Anggota Pramuka Kwarcab Sukoharjo menerima estafet tunas kelapa dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka, Karanganyar, dan Kwarcab Pramuka Wonogiri di tempat terpisah, Sabtu (25/8/2018).

Tunas kelapa itu akan menginap semalam di Kantor Kecamatan Baki dan pada Minggu (26/8/2018) dilanjutkan menuju Makamhaji, Kecamatan Kartasura untuk diserahkan ke anggota Kwarcab Pramuka Kota Surakarta/Solo.

Penerimaan dari Karanganyar dilakukan Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol (Inf) Candra Ariyadi Prakosa, di simpang tiga Desa Tugu, Kecamatan Polokarto, sedangkan timbang terima estafet tunas kelapa dari Wonogiri dilakukan di Lapangan Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu.

Tunas kelapa diterima Wabup Sukoharjo, Purwadi, dari Wabup Wonogiri, Edy Santoso.

Waka Bidang Abdimas & Humas, Kwarcab Sukoharjo, Suripman, tugas pokok Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi anak-anak dan pemuda Indonesia agar menjadi generasi berkualitas, sanggup bertanggung jawab, dan mampu mengisi kemerdekaan.

“Estafet tunas kelapa sebagai ciri khas kegiatan Kwartir Daerah Jawa Tengah sekaligus kegiatan tradisi setiap tahun perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Estafet merupakan salah satu gerakan pramuka bertujuan membentuk manusia berkarakter, berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur sebagai warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila,” katanya.

Menurutnya, dari estafet peserta diharapkan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Utamanya membudayakan dan menegakkan sikap berbuat kebaikan, menentang penggunaan narkoba, menentang tindak kekerasan dan mengembangkan nilai–nilai persaudaraan dan kasih sayang,” ungkap dia.