Tukar Kartu GPN Tetap Dilayani di Bank Meski Kampanye Berakhir

Warga menukarkan kartu debit dengan kartu baru berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Kamis (23/8 - 2018). (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
27 Agustus 2018 15:05 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Hari ini, Senin (27/8/2018), menjadi hari terakhir pekan penukaran kartu yang menjadi rangkaian kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Solo. Meski begitu, Bank Indonesia (BI) memastikan penukaran kartu GPN tetap bisa dilayani di kantor bank bersangkutan. 

Diketahui pekan penukaran kartu ATM lama dengan kartu ATM berlogo GPN tersebut telah dimulai sejak Senin (20/8/2018) lalu. Pekan penukaran kartu menyasar beberapa lokasi termasuk instansi pemerintah, kampus perguruan tinggi hingga perusahaan swasta.

Khusus untuk Senin ini, penukaran bersama dilakukan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, lingkungan Pemerintah Kabupaten Boyolali, Klaten, Sragen dan Sukoharjo yang dilakukan oleh BPD Jateng; PT Agung Sejahtera Sidoarjo Tex, Jaten oleh BTN; serta kantor cabang BRI, Bank Mandiri, BNI, BTN, BRI, BPD Jateng, Bank Syariah Mandiri, BCA, Bank Bukopin, Bank CIMB Niaga, Bank Panin Indonesia, dan Bank Mayapada. 

Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto, mengatakan kampanye yang digelar sejak 19 Agustus lalu merupakan gerakan untuk menyosialisasikan GPN kepada masyarakat. Meski kampanye GPN berakhir, masyarakat tetap bisa menukarkan kartu ATM yang lama dengan kartu GPN kapanpun.

"Setelah kampanye, penukaran kartu tetap bisa dilakukan langsung ke bank-bank," kata dia kepada solopos.com, Minggu (26/8/2018). 

Secara angka tidak ada target khusus untuk kegiatan kampanye GPN tersebut. Namun BI berharap melalui kampanye serentak tersebut, semakin banyak masyarakat yang mengerti tentang adanya kartu GPN. 

Pemimpin Bidang Pembinaan Pelayanan Kantor BNI Cabang Slamet Riyadi Solo,  Muhammad Hatta Fitriadi, mengatakan saat ini BNI terus memberikan kesempatan bagi nasabah untuk menukarkan kartu ATM yang lama untuk diganti dengan kartu GPN.

"Pasca kampanye, pelayanan ganti kartu juga tetap dilayani," kata dia, Minggu. 

Tokopedia