Panitia: Jalan Sehat Neno Warisman dkk di Solo Bukan Deklarasi #2019GantiPresiden

Poster Jalan Sehat Umat Islam & Masyarakat Solo (Instagram - @maklambeturah)
27 Agustus 2018 23:20 WIB Adib Muttaqin Asfar Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Acara Jalan Sehat Umat Islam & Masyarakat Solo yang rencananya dilakukan di Kota Solo pada Minggu ( 9/9/2018) mendatang akan dihadiri sejumlah tokoh yang kerap berseberangan dengan pemerintah, termasuk Ahmad Dhani dan Neno Warisman. Meski demikian, panitia kegiatan itu membantah jalan sehat tersebut terkait gerakan #2019gantipresiden.

Hal itu diungkapkan panitia kegiatan, Endro Sudarsono, saat dimintai konfirmasi oleh Solopos.com, Senin (27/8/2018) malam. Dalam poster digital yang beredar di media sosial, jalan sehat itu bertema Semangat Haornas Membangkitkan Perjuangan Tritura Masyarakat Solo. Namun, tema itu disertai tuntutan "turunkan harga sembako, turunkan harga BBM, turunkan tarif listrik".

"Kami menginginkan bahwa kegiatan ini ada unsur: 1. olahraga [jalan sehat] 2. keagamaan [hadiah umrah] 3. sosial [3 tuntutan, turunkan harga BBM, sembako dan listrik]," katanya kepada Solopos.com melalui pesan Whatsapp.

Panitia, kata Endro, menganggap bahwa beban masyarakat ini perlu disampaikan kepada pemerintah sebagai satu bentuk penyampaian aspirasi masyarakat. Harapannya, katanya, pemerintah bisa mempertimbangkan beban dan keluhan warga. "Bukan deklarasi 2019GantiPresiden."

Terkait adanya hadiah dalam acara itu, Endro membenarkannya. Menurutnya, hadiah tersebut merupakan sumbangan dari seorang pengusaha bernama Kasum Musyafa'. Dia menargetkan massa yang datang dalam kegiatan ini mencapai 5.000 orang. Dia juga mengaku optimistis soal kedatangan Ahmad Dhani, Neno Warisman, Mustafa Nahrawardaya, dan Tengku Zulkarnain seperti dalam poster.

Sebelumnya, poster itu juga memuat adanya doorprize berupa tiga paket umrah, tiga sepeda gunung, lima lemari es, lima mesin cuci, dan kipas angin. Di akun @maklambeturah, poster tersebut mendapatkan komentar beragam. Sebagian mempertanyakan rencana jalan sehat namun ada sejumlah tuntutan penurunan harga.

"Jalan sehat kok ada turunkan harga sembako,klo jalan sehat ya gerak jalan trus senam olahraga bukan demo," tulis @vinavina5060.
"Saya warga solo tidak akan itu... itu JALAN SEHAT,, TAPI ADA TAG LINE.. TURUNKAN SEMBAKO, LISTRIK, BBM.. pake kaos ganti presiden... COME on ini apaa.. UMR/UMK tiap tahun naik terus.. Tdk pernah bisa turun... TAPI kenapa semuaa minta turun... Itu JALAN SEHAT TAPI LOGIKA YG SEHATT..," tulis@yoyok_istimewa.
"Kenapa Solo? Klo solo kan harusnya ga usah ajak2 dong. Do it solo, by yourself," tulis @iss_iswa.

Tokopedia