Siap-Siap, Bayar Retribusi Sampah di Solo Segera Online

Ilustrasi gunungan sampah. (Solopos)
28 Agustus 2018 20:47 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Jengah dengan pembayaran retribusi kebersihan/sampah yang tidak optimal, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berkreasi dengan menerapkan sistem online atau e-retribusi. Sebagai langkah awal, Pemkot akan   meninjau ulang sistem penarikan retribusi kebersihan kota (RKK) yang diterapkan kepada warga Solo.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengungkapkan penarikan retribusi selama ini diserahkan kepada perangkat wilayah, namun hasilnya belum maksimal. Biasanya perangkat wilayah mewajibkan warga membayar retribusi tersebut dalam pertemuan RT/RW di lingkungan masing-masing. Selain membutuhkan waktu yang lama, juga butuh banyak tenaga untuk mengumpulkan retribusi tersebut.

“Karena itu sistem yang ada perlu dikaji dan diubah," kata Wali Kota kepada solopos.com, Selasa (28/8/2018).

Pemkot akan menyiapkan sistem penarikan RKK dari manual menjadi secara elektronik atau e-retribusi sampah. Sejauh ini belum seluruh wajib retribusi memenuhi kewajiban mereka. Merujuk data, wajib retribusi kebersihan sampah di Kota Bengawan saat ini mencapai 5.148 untuk pelaku usaha dan 70.000 masyarakat.

Masih terdapat 40.000-an wajib retribusi yang hingga kini penarikannya belum optimal. Wali Kota berharap program e-retribusi kebersihan sampah bisa memaksimalkan penarikan retribusi tersebut. Diharapkan dengan e-retribusi kesadaran masyarakat lebih tinggi. Selain itu juga untuk menghindari kebocoran dalam pembayaran. Keuntungan lainnya,  e-retribusi kebersihan sampah dapat menekan kebutuhan sumber daya manusia (SDM). “Nanti kita buatkan sistemnya dulu. Kalau sudah siap tinggal kita laksanakan dengan sistem yang baru,” katanya.