SIPA 2018 Luncurkan SIPA Mart

Poster SIPA 2018 (Instagram/sipafestival)
29 Agustus 2018 17:40 WIB Chelin Indra Sushmita Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Festival seni pertunjukan dunia tahunan, Solo International Performing Arts (SIPA) 2018, siap digelar. Pertunjukan bertaraf internasional ini bakal digelar di Benteng Vastenburg Solo, pada 6-8 September 2018 mendatang. Gelaran SIPA yang ke-10 kali ini terbilang istimewa karena menjadi momen peluncuran SIPA Mart.

Direktur SIPA, Irawati Kusumosari, mengatakan, SIPA Mart atau pasar seni pertunjukan itu bakal ditawarkan kepada sejumlah tamu undangan khusus. "SIPA ke-10 ini menjadi momen spesial, karena kami akan me-launching (meluncurkan) SIPA Mart atau pasar seni pertunjukan. Jadi, apa yang ada di SIPA kami tawarkan kepada sejumlah tamu undangan, mulai dari direktur gedung kesenian sampai Kepala Taman Budaya," terang IrawatiKusumosari kepada Solopos.com saat berkunjung ke Griya Solopos, Rabu (29/8/2018).

SIPA Mart tersebut dirilis sebagai salah satu upaya mempromosikan festival seni pertunjukan yang digelar sejak 2009 silam. "SIPA Mart menjadi cara kami untuk promosi. Sekaligus menjadi upaya kami membantu seniman lokal dan penampil di SIPA agar semakin terkenal. Kami mengundang seniman di Solo untuk menawarkan karya mereka dalam acara khusus yang dihadiri tamu undangan spesial," sambung Irawati Kusumosari.

Selain meluncurkan SIPA Mart, gelaran SIPA 2018 kali ini dimeriahkan oleh penampilan seniman dari 11 negara, yakni Indonesia, Italia, Amerika Serikat, Taiwan, Rusia, Zimbabwe, Filipina, Spanyol, Korea, Jerman, dan Belanda. Direktur SIPA, Ira Kusumosari, mengatakan, para penampil hadir memeriahkan SIPA 2018 sekaligus untuk mengenal budaya Indonesia.

"Jadi tahun ini ada 10 seniman dari negara asing yang tampil. Para penampil sekaligus ingin mengetahui lebih jauh tentang budaya Indonesia dan mengenal masyarakat Solo lebih dekat," sambung Irawati Kusumosari.

Adapun tema yang diambil pada SIPA 2018 adalah We Are the World We Are the Nations. Sebelum sampai ke puncak acara, ada berbagai agenda yang telah disiapkan untuk memeriahkan SIPA 2018, seperti pre-event yang digelar di Solo Grand Mall (SGM), Sabtu (11/8/2018), malam.

Dilanjutkan dengan pre-event pada 4-5 September 2018 yang dikemas dengan SIPA Goes to Cafe dan Campus. Sementara itu, pembukaan SIPA 2018 yang digelar pada 6 September 2018 mendatang rencananya dihadiri oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf.

Tokopedia