Wali Kota Solo Sebut Kottabarat Dipakai Purwaso 9 September, Panitia Jalan Sehat Membantah

Poster Jalan Sehat Umat Islam & Masyarakat Solo (Instagram - @maklambeturah)
29 Agustus 2018 23:39 WIB Ratih Arfy/ Adib Muttaqin Asfar Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo alias Rudy mengaku tak mempersoalkan Jalan Sehat Umat Islam & Masyarakat Solo pada 9 September 2018 itu. Namun, Rudy mengatakan Lapangan Kottabarat atau kawasan Kota Barat yang rencananya menjadi lokasi start dan finis kegiatan itu sudah di-booking untuk agenda lain.

Agenda itu adalah Pekan Olahraga Warga Solo (Porwaso) yang juga digelar pada 9 September 2018. “Saya enggak mikirin itu, 9 September nanti, di Solo ada Porwaso di Kota Barat yang sudah teragendakan,” kata Rudy kepada wartawan seusai upacara penutupan Kerja Bakti Daerah (KBD) di Kelurahan Pasar Kliwon, Solo, Rabu (29/8/2018).

Rudy mengimbau seluruh kegiatan politik dilaksanakan setelah 21 September 2018. Dia berharap pendukung Joko Widodo maupun Prabowo Subianto bersabar menunggu. “Orang Jawa bilang ora usah nggege mangsa. Nanti dideklarasikan, Tuhan menghendaki yang lain iso kok [bisa saja terjadi],” jelasnya.

Menurut dia, gerakan-gerakan yang dilakukan di Solo harus menjaga kondusifitas. Dia tak ingin aksi massa di Surabaya dan Pekanbaru terkait gerakan #2019GantiPresiden terjadi di Kota Solo. “Hanya karena kayak gitu masyarakatnya bisa terjadi perpecahan,” harapnya.

Rudy menilai kegiatan jalan sehat adalah aktivitas olahraga,  sehingga tidak pas jika ditunggangi kepentingan politik. "Harus ada pemisahan antara kepentingan politik, olahraga, budaya, agama, ekonomi, maupun lainnya yang harus dipilah-pilah. Harapan saya jangan ada di Solo, karena 9 September itu Hari Olahraga Nasional yang harus saya peringati,” pungkasnya.

Sementara itu, panitia jalan sehat berkata lain. Endro Sudarsono, panita kegiatan tersebut yang juga Divisi Advokasi Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) mengatakan pihaknya sudah membuat pemberitahuan bahwa kawasan Kota Barat akan dipakai untuk jalan sehat itu.

Dia menunjukkan sebuah foto whiteboard jadwal pemakaian kawasan Kota Barat pada Minggu (9/9/2018). Di situ, tertulis bahwa pada tanggal itu lokasi tersebut dipakai oleh "Panitia Jln Sehat Warga Solo" dan tak agenda lain yang tertulis.

"9/9/18 tertulis Panitia Jalan Sehat Warga Solo. Aslinya, lapangan Kottabarat sudah kita booking, nunggu disposisi," katanya melalui pesan Whatsapp kepada Solopos.com, Rabu malam.

Tokopedia