Izin Pembangunan Tangga ke Puncak Lawu Karanganyar Turun, Dana Gotong Royong

Para pendaki beristirahat di sisi barat puncak Lawu 3265 DPL. (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
29 Agustus 2018 17:05 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Anak tangga menuju puncak Gunung Lawu yang bakal dibangun juga dilengkapi lampu penerangan. dengan adanya lampu tersebut, anak tangga puncak Gunung Lawu dapat diproyeksikan menjadi wisata religi dan wisata alam di Karanganyar.

Hal itu diungkapkan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat ditemui solopos.com, di gedung DPRD Karanganyar, Selasa (28/8/2018). Pembangunan anak tangga menuju puncak Gunung Lawu itu menjadi salah satu janji politik Juliyatmono di Pilbup 2018.

Diharapkan, pembangunan anak tangga menuju puncak Gunung Lawu rampung di tahun 2020.

“Di kanan dan kiri anak tangga itu akan diberi pembatas [pagar besi]. Kami juga akan memasang lampu di sana. Kami berharap dapat memberikan sensasi yang luar biasa di malam hari [dengan pemasangan lampu],” kata Juliyatmono.

Juliyatmono mengatakan pembangunan anak tangga menuju puncak Gunung Lawu juga untuk meningkatkan promosi pariwisata di Karanganyar. Sejauh ini, Karanganyar dikenal sebagai daerah yang kaya objek wisata karena keberadaan Gunung Lawu.

“Saat ini ada gerbang tol yang melintas di Karanganyar. Ini harus segera ditangkap Karanganyar. Gunung Lawu akan menjadi satu-satunya gunung yang eksotis di dunia,” katanya.

Disinggung tentang desain secara detail pembangunan anak tangga menuju puncak Gunung Lawu, Juliyatmono mengatakan hal itu masih dalam proses penyelesaian.

Begitu pula saat disinggung perusahaan mana saja yang siap mendanai proyek “nekat” tersebut, Juliyatmono hanya mengatakan akan banyak perusahaan yang siap memberikan bantuan melalui program corporate social responbility (CSR).

“Konsepnya nanti gotong royong,” katanya.

Pada kesempatan itu, Juliyatmono memastikan izin pembangunan anak tangga menuju puncak Gunung Lawu dari Perhutani Solo sudah turun. Keluarnya izin itu akan lebih memotivasi guna merampungkan proyek pembangunan hingga tahun 2020.

“Hari ini [kemarin], izin sudah turun,” katanya.

Sebelumnya, Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Karanganyar, Siti Maisaroh, mengatakan bakal mengajak Perhutani Solo dan stake holder lainnya guna membahas proyek pembangunan anak tangga menuju puncak Gunung Lawu.

“Dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia sudah oke terkait rencana ini,” katanya. 

Tokopedia