Solopos Hari Ini: Perjuangan Pencak Silat Selanjutnya Olimpiade

Harian Umum Solopos edisi Kamis (30/8 - 2018).
30 Agustus 2018 11:35 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Panen medali emas bagi Indonesia benar-benar terjadi pada hari ke-12 Asian Games 2018. Para pesilat Indonesia tak mau kecolongan sekeping pun medali emas ke pesilat lain dalam semua nomor final yang diikuti atlet Tanah Air.

Indonesia menyapu bersih 14 medali emas dalam dua hari laga final. Pada hari pertama final, Senin (27/8/2018), Indonesia telah mengoleksi delapan keping emas. Jumlah tersebut kembali ditambah para pesilat Indonesia pada hari kedua final di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Rabu (29/8/2018), dengan enam keping emas alias medali emas dari semua nomor final yang diikuti atlet Tanah Air.

Kabar tentang prestasi atlet pencak silat pada Asian Games 2018 itu menjadi headline pada Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (30/8/2018). Kabar tersebut dapat disimak secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Bukan hanya itu, Harian Umum Solopos edisi hari ini juga menyoroti adegan Jokowi dan Prabowo yang bersama-sama memeluk atlet pencak silat pada salah satu laga final Asian Games 2018. Hal itu pun menjadi viral dan juga menjadi sorotan berbagai pihak.

Prabowo-Jokowi Berpelukan Bikin Adem

Pesilat peraih medali emas Asian Games 2018, Hanifan Yudani Kusumah, menjadi tokoh sentral saat dirinya memeluk secara bersamaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto. Pelukan Hanifan kepada dua tokoh yang sama-sama menjadi calon presiden (capres) di arena pencak silat Asian Games 2018 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (29/8/2018), membuat adem suasana politik.

Momen Hanifan memeluk Jokowi dan Prabowo secara bersamaan hingga ketiganya berpelukan terjadi setelah Hanifan menyabet emas pencak silat kategori putra 55-50 kg dengan mengalahkan pesilat Vietnam Nguyen Thai Linh.

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, terobosan pelayanan administrasi kependudukan di Kota Solo menjadi berita utama. Ada pula lomba memasak di Klaten yang menjadi sorotan pada halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi hari ini.

Urusan Adminduk Tinggal Pencet Ponsel

Layanan pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) di Kota Bengawan kini makin praktis karena sudah ada aplikasinya di ponsel. Warga tak perlu lagi antre dan menunggu lama untuk mendapatkan layanan adminduk.

Aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman yang berbasis Android ini segera diluncurkan Pemkot Solo. Kepala Seksi (Kasi) Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lusia Sari Murniati mengatakan aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman dapat diunduh gratis melalui Google Play Store.

Simak selengkapny di: E-Paper Solopos.

Adu Kreasi Olah Ikan

Dengan kreativitas, ikan bisa diolah dengan aneka cara, tak sekadar digoreng. Aneka kreasi itu pun dipertunjukkan dalam lomba masak ikan di halaman kantor Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten, Rabu (29/8/2018).

Olahan yang disajikan pun beragam. Ada yang mengolah ikan menjadi kroket dan dibentuk menyerupai burung, ada yang mengolahnya menjadi bolu, ada pula yang menjadikannya sup. Hidangan-hidangan itu mereka hias dan tampil rapi.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Tokopedia