Night Market Mangkubumen Solo Diluncurkan, Puluhan UKM Pamer Produk 

Joglo Sasan Krida Mangkubumen di perempatan Pemuda Teater, Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)
31 Agustus 2018 13:15 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kelurahan Mangkubumen, Banjarsari, Solo, bakal menggelar night market atau pasar malam di kompleks Sasana Krida Warga Mangkubumen, perempatan Pemuda Theatre.

Mereka membuka kesempatan bagi 30-an pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya dari Mangkubumen untuk memamerkan barang produksi masing-masing di public space tersebut.

Penyediaan pasar malam oleh Pemerintah Kelurahan Mangkubumen menjadi bagian dari program Mpok Sinah Klamben (Kelompok Seni dan Usaha Kecil Menengah Kelurahan Mangkubumen) yang bakal diluncurkan pada Jumat (31/8/2018) ini.

Lurah Mangkubumen, Beni Supartono Putro, menjelaskan Mpok Sinah Klamben merupakan kelompok yang bakal diberi tugas mengelola Sasana Krida Warga Mangkubumen.

"Saya punya program menjual Sasana Krida dengan penguatan Mpok Sinah Klamben. Jadi Sasana Krida target jangka pendeknya boleh digunakan untuk kegiatan apa saja, seperti resepsi pernikahan, lomba, dan lain-lain. Kami kemudian punya aturan Sasana Krida bisa dipakai gratis tapi segala bentuk kebutuhan lain harus diadakan Mpok Sinah Klamben, mulai dari dekor, katering, hingga sound system," jelas Beni saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (30/8/2018).

Sementara tujuan jangka menengah dari pemanfaatan Sasana Krida Warga Mangkubumen, Beni menyebut bakal dijadikan sebagai pasar. Pemerintah Kelurahan Mangkubumen bakal mengarahkan warga Mangkubumen pelaku UMKM untuk berjualan di sana.

Pemerintah Kelurahan Mangkubumen terpantau kini telah melakukan uji coba atas rencana tersebut. Di mana Pemerintah Kelurahan Mangkubumen tengah memfasilitasi puluhan pelaku UMKM asal Mangkubumen untuk menggelar lapak di halaman Sasana Krida selama tiga hari mulai dari Rabu (29/8/2018) hingga Jumat ini.

"Kami akan mencoba membuat pasar di sana. Yang boleh berjualan khusus anggota Mpok Sinah Klamben. Dengan demikian, keberadaan tempat tersebut di samping dapat memenuhi kebutuhan akan ruang publik, nantinya juga mampu menumbuhkan perekonomian warga. Rencana Mpok Sinah Klamben ini bakal di-launching Pak Wali pada 31 Agustus ini," jelas Beni.

Beni mengklaim antusiasme para pelaku UMKM asal Mangkubumen tinggi untuk berjualan atau memamerkan produk di Sasana Krida. Menurut dia, beberapa warga tersebut bahkan telah meminta kepada Pemerintah Kelurahan Mangkubumen agar memperbolehkan mereka berjualan terus di Sasono Karida.

Pemerintah Kelurahan Mangkubumen pun merespons permintaan para pelaku UMKM itu. Beni mengatakan rencananya pasar di Sasana Krida Warga Mangkubumen bakal digelar rutin setiap akhir pekan pada Sabtu dan Minggu.

Tidak menutup kemungkinan jika direspons baik oleh masyarakat, kegiatan pasar di Sasana Krida akan dibuka setiap hari dari sore hingga malam.

"Para pedagang sudah meminta pasar dijalankan terus, jangan berhenti tiga hari saja besok [Jumat]. Sementara kami akan coba dulu pasar diadakan sepekan sekali atau dua kali pada Sabtu dan Minggu. Nanti jelas kami monitoring dan evaluasi kegiatannya. Bukan tidak mungkin akan kami putuskan pasar bisa diadakan setiap hari di Sasana Krida," terang Beni.

Tokopedia