4 Haji Debarkasi Solo Ditinggal di Mekkah karena Sakit, Ini Datanya

Jemaah haji kloter I dari Tegal sujud syukur saat tiba di Bandara Adi Soemarmo, Ngemplak, Boyolali, Selasa (28/8 - 2018). (Solopos/M. Ferri Setiawan)
02 September 2018 19:15 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Empat anggota jemaah haji Debarkasi Solo belum bisa pulang ke Tanah Air bersama rombongan kloter mereka karena sakit. Mereka dirawat di rumah sakit di Arab Saudi.

Keempat anggota jemaah haji tersebut yakni Wiwik Muntinah Syamsuri, 49, dari Kabupaten Batang, dan Tabrun Dastro Catam, 72, dari Kabupaten Pekalongan, dirawat di rumah sakit Arab Saudi (RSAS) King Abdullah, Mekkah.

Sementara M. Muhdlor Amsor Thohir, 53, asal Pekalongan, dirawat di RSAS King Faisal, Mekkah, dan Saminta Wongsa Sudarma, 56, asal pemalang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah.

Selain keempat haji yang kepulangannya tertunda itu, ada juga tiga orang haji yang harus langsung dilarikan ke RSUD dr. Moewardi Solo begitu sampai di debarkasi Solo karena sakit. Mereka ada yang sakit jantung dan ada pula yang hipertensi.

Ketiga jemaah itu yakni Jemikem Amin Adam, 80, dari Kabupaten Pekalongan, Mursid Muhamad Mukhidin, 75, dari Kabupaten Brebes, dan Sunarya Trisna Sukarta, 54, dari Kabupaten Kebumen.

Di sisi lain, keluarga jemaah haji debarkasi Solo diimbau tak menyambut atau menjemput kedatangan jemaah haji saat tiba dari Tanah Suci baik di Bandara Adi Soemarmo maupun di Asrama Haji Donohudan (AHD), Boyolali.

Penjemputan itu justru rawan menganggu proses pemulangan jemaah haji. Tim Pemandu Ibadah Haji (TPIH) Kota Solo, Abdul Basid, mengimbau masyarakat Kota Bengawan khususnya, lebih baik menjemput para jemaah haji di lokasi yang sudah dijanjikan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) masing-masing.

Dia memastikan para jemaah haji setelah mengikuti upacara penyerahan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo ke panitia daerah di Asrama Haji Donohudan bakal diantar ke daerah asal oleh Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (P3H) kota/kabupaten masing-masing.

"Jemaah haji Solo menurut rencana diantar ke KBIH masing-masing. Sebagai contoh, ada informasi untuk jemaah haji dari KBIH Aisyiyah nanti diantar ke Kantor KBIH Aisyah di Keprabon. Jadi keluarga bisa jemput di sana, tidak usah ke Asrama Haji. Sementara jemaah haji dari KBIH Amal Syuhada rencananya diantar ke Masjid Agung," kata Basid saat dihubungi Solopos.com, Minggu (2/9/2018).

Sementara itu, PPIH Debarkasi Solo mencatat per Sabtu (1/9/2018) pukul 20.00 WIB, mencatat sedikitnya ada 5.955 haji dan 138 petugas haji Debarkasi Solo yang sudah tiba di Tanah Air.