6 ASN Berebut Jabatan Kepala BPKD Wonogiri, Siapa Saja?

Ketua Pansel, Anwar Hamdani. (dok)
03 September 2018 19:45 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI—Enam pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mengikuti seleksi promosi jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD).

Empat orang di antara mereka adalah aparatur sipil negara (ASN) dari BPKD, dua lainnya pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) lain.

Data yang dihimpun Solopos.com dari panitia seleksi (pansel), Senin (3/9/2018), empat pendaftar dari BPKD adalah Sekretaris BPKD yang saat ini menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPKD, Stefanus Pranowo; Kabid Pendaftaran dan Penetapan, Surip Suprapto; Kabid Penagihan dan Penatausahaan, Sutikno; dan Kabid Perbendaharaan dan Kas Daerah, Tri Lasmi.

Dua orang lainnya yakni Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sri Wahyu Widayato dan Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang Sunarso. Pendaftaran telah dibuka 18 Agustus-1 September.

Ketua Pansel, Anwar Hamdani, mengatakan seluruh pendaftar dinyatakan lolos seleksi administrasi. Mereka mulai menjalani uji kompetensi yang digelar selama dua hari di UNS Inn Solo, Senin-Selasa (2-4/9/2019).

Pansel menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dalam menggelar uji kompetensi. Pada hari pertama ujian, tidak ada pendaftar yang absen.

Menurut Anwar uji kompetensi terdiri atas tiga hal, yakni uji kompetensi manajerial, bidang, dan sosiokultural. Ujian digelar secara tertulis dan diskusi yang dikemas dalam focus group discussion (FGD). Hasil ujian tertulis untuk mengetahui kemampuan peserta yang berkaitan dengan tiga kompetensi khusus dan psikologi peserta. 

Tiga Nama

“Dari ujian tertulis dan diskusi kami akan bisa mengetahui bagaimana cara peserta memimpin OPD, mengatasi masalah yang berpotensi timbul, dan sebagainya,” kata Dosen Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa (STIE AUB) Solo itu.

Setelah uji kompetensi para peserta diwajibkan mengikuti uji program/gagasan, Rabu (5/9/2019). Pada ujian tersebut peserta harus memaparkan program atau gagasan yang dibuatnya jika memimpin BPKD.

Dari hasil rangkaian ujian tersebut pansel akan menentukan tiga nama yang bakal diajukan kepada Bupati, Joko Sutopo, Kamis (6/9/2019).

Seperti diketahui, selain kepala BPKD, masih ada beberapa jabatan pimpinan OPD yang kosong dan segera diisi secara bertahap tahun ini. Jabatan itu meliputi Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A), Kepala Dinas Kearsipan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH (pejabat sekarang pensiun Oktober 2018), Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang).