Jorok! Kali di Pasar Kliwon Solo Mampet Penuh Sampah

Kondisi kali yang kotor di Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo (Instagram/ics_infocegatansolo)
04 September 2018 09:00 WIB Chelin Indra Sushmita Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Pencemaran sungai bukan masalah baru di Indonesia. Hampir semua sungai di kota besai Indonesia, salah satunya Solo, Jawa Tengah, tercemar. Bukan hanya limbah industri, kebiasaan masyarakat membuang sampah di sungai sepertinya belum bisa dihentikan.

Lihat saja, salah satu kali di kawasan Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, merupakan contoh yang sangat mengerikan. Kali tersebut sangat kotor dipenuhi sampah. Penampakan kali yang sangat kotor itu diperlihatkan di akun Instagram @ics_infocegatansolo, Senin (3/9/2018).

Foto tersebut merupakan kiriman dari netizen yang tinggal di daerah Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo. Orang tersebut merasa sangat prihatin melihat kondisi kali di sekitar tempat tinggalnya. "Min, ini kali deket rumah mampet. Terus ada sampah dari aliran hulu pada numpuk. Baunya enggak enak. Lokasi Kedunglumbu, Pasar Kliwon," tulis orang tersebut.

Sementara itu, sejumlah netizen lain yang melihat foto tersebut ikut prihatin. Mereka khawatir kali yang mampet dan berbau tak sedap itu menimbulkan penyakit bagi orang-orang di sekitar. "Laporan aja ke kaca biar bisa ngaca. Ngapain juga laporan orang buang sampah aja ke sungai. Eh pas sungai mampet nyalahin orang," komentar @ekadhani_ sinis.

"Paling sebentar lagi puskesmas ramai. Banyak yang periksa kena demam berdarah," sambung @tri.a.harianto.1.

"Nanti kalau sudah banjir yang disalahkan pemerintah. Padahal warganya yang enggak buang sampah ke kali sampai mampet," imbuh @ianjajajutsu.

Tokopedia