Caleg DPRD Solo Tambah 1 Orang dari Partai Nasdem

Ilustrasi caleg. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
04 September 2018 09:15 WIB Ivan Andimuhtarom Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Jumlah calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Solo yang akan berlaga dalam Pemilu 2019 bertambah satu orang dari semula 370 orang menjadi 371 orang.

Penambahan itu setelah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solo mengabulkan permohonan Partai Nasdem untuk menyusulkan berkas caleg yang sebelumnya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo.

Caleg tersebut bernama Huzaifah. Ia akhirnya dimasukkan sesuai pendaftaran awal yaitu nomor urut 4 di Daerah Pemilihan (Dapil) I Pasar Kliwon-Serengan. Caleg Partai Nasdem yang bakal berlaga kini menjadi 40 orang dari sebelumnya 39 orang.

Huzaifah merupakan warga Kabupaten Sragen. Ketua DPD Partai Nasdem Solo, Pardiman, mengatakan dalam mediasi antara partainya dengan KPU Solo yang difasilitasi Bawaslu Solo, terjadi kesepakatan KPU menerima Huzaifah dengan catatan Bawaslu mengawal proses tersebut dan menjadi saksi.

Pardiman bersyukur hak politik salah satu calegnya tidak gugur. “Caleg kami di Kota Solo kini jadi 40 orang,” ujarnya kepada Solopos.com, Senin (3/9/2018).

Ia mengatakan caleg Nasdem itu akan langsung dimasukkan ke Daftar Caleg Tetap (DCT). Hal itu ia ketahui saat menyerahkan kekurangan berkas pada 27 Agustus lalu.

Dalam evaluasi Pilgub 2018 yang diadakan KPU Solo pada Sabtu (1/9/2018), KPU juga sudah mengumumkan adanya perubahan struktur caleg karena ada satu tambahan caleg Nasdem.

“Huzaifah masuk jadi nomor urut 4 di Dapil I sesuai pendaftaran awal atau dikembalikan ke posisi semula,” kata dia.

Lebih lanjut, Pardiman mengatakan partainya sudah merekrut calon saksi untuk Pemilu 2019. Nasdem menargetkan mampu menghadirkan 3.764 saksi yang akan bertugas di 1.732 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Bengawan.

Proses perekrutan kini masih dilaksanakan di jejaring internal melalui Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Nasdem (selevel kecamatan). “Kami minta para calon saksi menyerahkan KTP dan nomor handphone untuk kami validasi,” tuturnya.

Komisioner KPU Solo, Nurul Sutarti, mengatakan KPU sudah menindaklanjuti hasil mediasi yang difasilitasi Bawaslu Kota Solo. Satu caleg Partai Nasdem akan ditambahkan langsung dalam DCT Pemilu DPRD Kota Solo 2019.

“Sudah tidak ada kendala lagi. Dia [Huzaifah] masuk dan kami umumkan besok dalam DCT,” tuturnya, Senin.



Tokopedia