Solo Jadi Kota Pertama Kirab Obor Asian Para Games 2018

Imam Nahrawi bersama atlet difabel (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
04 September 2018 12:00 WIB Chrisna Chaniscara Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (Inapgoc) mendaulat Kota Solo sebagai kota pertama penyelenggaraan kirab obor untuk ajang yang bakal digelar Oktober tersebut. Kirab obor atau torch relay akan digelar pada Rabu (5/9/2018) atau hari yang sama dengan pengambilan api di Mrapen, Grobogan.

Penanggung Jawab Torch Relay Asian Para Games 2018, Ageng Nugroho, mengatakan prosesi kirab bakal dimulai dari Kantor Pusat National Paralympic Committee di Jl. Ir Sutami, Jebres dan finis di Balai Kota Solo. Rangkaian acara diperkirakan bakal dimulai Rabu sekitar pukul 13.00 WIB karena rombongan baru berangkat dari Grobogan sekitar pukul 11.00 WIB. Api obor bakal diambil pukul 10.00 WIB. “Dari Mrapen, api langsung dibawa ke Solo untuk dikirab,” ujar Ageng dalam jumpa pers di Balai Kota, Senin (3/9/2018).

Presiden Inapgoc, Raja Sapta Oktohari, akan menyerahkan lentera api pada perwakilan atlet di Kantor NPC sebelum dikirab secara estafet di jalanan Kota Bengawan. Ageng membeberkan penyelenggaraan torch relay Asian Para Games 2018 sedikit berbeda dengan kegiatan serupa untuk Asian Games 2018.

Menurut Ageng, obor akan lebih banyak dikirab di atas kereta kencana Lentera baru dibawa secara maraton setelah dekat dengan Balai Kota. Atlet difabel berprestasi, Rizal Bagus, akan menjadi salah satu atlet pembawa obor. “Lentera akan diinapkan di Solo sebelum dibawa ke tujuan selanjutnya yakni Ternate,” imbuh Ageng.

Kepala Bidang Olahraga Dinas Pendidikan dan Olahraga Solo, Suhanto mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait kegiatan torch relay Asian Para Games 2018. Suhanto berharap antusiasme warga Solo tak kalah meriah dibanding saat menyaksikan torch relay Asian Games 2018 beberapa waktu lalu. Saat itu ribuan warga rela menunggu berjam-jam untuk menunggu Dian Sastrowardoyo dkk. membawa api abadi. “Dalam acara nanti kami juga memamerkan produk-produk UKM dari para pengusaha difabel,” ujar Suhanto.

Berikut Jadwal Torch Relay Asian Para Games 2018:
1. Mrapen, Grobogan dan Solo (5 September)
2. Ternate (9 September)
3. Makassar (12 September)
4. Denpasar (16 September)
5. Pontianak (19 September)
6. Medan (23 September)
7. Pangkal Pinang (26 September)
8. DKI Jakarta (30 September)

Tokopedia