Jokowi-Prabowo Berpelukan Diabadikan Mural di Solo

Momen Jokowi dan Prabowo dipeluk atlet pencak silat Asian Games 2018 diabadikan di tembok RM Kusuma Sari Jl. Slamet Riyadi Solo. (Solopos/Indah Septiyaning W.)
04 September 2018 19:15 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Hashtag atau tanda pagar (tagar) #WowoSayangWiwi sempat viral di media sosial terkait momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipeluk  atlet pencak silat Hanifan Yudani bersama Prabowo Subianto.

Para muralis Solo mengambil tema dari hashtag itu untuk dilukis di tembok Rumah Makan Kusuma Sari Jl. Slamet Riyadi. Sejak tiga hari lalu, mereka membuat karya seni mural menggambar momen Jokowi, Hanifan, dan Prabowo berpelukan.

Peristiwa menyejukkan ini menjadi pesan bagi masyarakat Indonesia dan para pendukung kedua calon presiden pada Pilpres 2019 itu agar mengedepankan perdamaian. Asian Games 2018 tidak hanya menanamkan jiwa sportivitas, melainkan juga mampu menyatukan bangsa Indonesia serta menurunkan tensi politik yang memanas menjelang Pilres.

“Jadi momen Pak Jokowi berpelukan dengan Pak Prabowo inilah yang ingin kami abadikan,” kata Koordinator Muralis Solo, Irul Hidayat, ketika berbincang dengan Solopos.com, Selasa (4/9/2018).

Tidak hanya melukiskan momen Jokowi berpelukan dengan Prabowo, mural yang digarap belasan muralis Solo ini juga melukiskan tokoh-tokoh wanita berpengaruh di Indonesia. Mereka di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, serta presenter talkshow ‘Mata Najwa’ Najwa Shihab dengan kostum olahraga.

Wajah mereka menghiasi dinding Rumah Makan Kusuma Sari. “Mural ini menjadi satu rangkaian setelah Piala Dunia, lalu Asian Games 2018,” katanya.

Meski pesta olahraga tingkat Asia ini telah usai, euforia Asian Games 2018 masih terasa di Solo. Hal ini pula yang ingin disampaikan lewat mural oleh para muralis Solo. Para muralis mengerjakan karya seni tersebut mulai pukul 21.00 WIB hingga dini hari.

Mereka menargetkan mural tersebut rampung pada Rabu (5/9/2018). Hasil karya seni mural yang pengerjaannya kini sudah mencapai 80% ini pun mampu menarik perhatian masyarakat, terutama bagi para pengguna jalan yang melintas di jalan utama di Kota Bengawan tersebut.

Juru parkir Kusuma Sari, Pari H.S., mengatakan tak sedikit pengguna jalan berhenti dan berfoto dengan mural bergambar Jokowi berpelukan dengan Prabowo. Padahal gambar tersebut belum 100% jadi.

“Meski belum jadi 100%, tapi sudah keliatan gambar wajah Jokowi dan Prabowo pelukan,” kata dia.

Dia mengatakan banyak warga menaruh positif atas momen Jokowi berpelukan dengan Prabowo, sehingga mereka berfoto dengan background mural tersebut.

“Adem lihat mereka berdua [Jokowi dan Prabowo] pelukan seperti itu,” katanya.

Tokopedia