Besok Obor Asian Para Games Dikirab dari Solo, Ini Rutenya

Imam Nahrawi bersama atlet difabel (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
04 September 2018 20:15 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Api obor Asian Para Games akan dikirab di Kota Solo, Rabu (5/9/2018) ini. Satuan lalu lintas (Satlantas) Polresta Surakarta memastikan tidak ada penutupan jalan sepanjang rute yang dilalui kirab. 

Satlantas hanya memberlakukan sistem buka tutup di rute yang dilewati peserta kirab obor. “Kami sudah menggelar rakor [rapat koordinasi] dengan melibatkan pihak terkait tentang kirab obor Asian Para Games, Senin [3/8/2018]. Hasil rapat tersebut tidak ada penutupan jalan dan pengalihan arus lalin [lalu lintas],” ujar Wakapolresta Surakarta, AKBP Andy Rifai, kepada wartawan di Mapolresta Surakarta, Selasa (4/9/2018).

Andy mengungkapkan pertimbangan tidak ada penutupan jalan karena rute yang dilewati peserta kirab merupakan jalan utama bagi kendaraan. Selain itu, rute estafet obor tersebut relatif pendek dan peserta tidak banyak.

“Kami hanya melakukan pengawalan di belakang peserta estafet obor. Setelah kirab selesai jalan langsung dibuka,” kata dia.

Ia menjelaskan kirab dimulai dari Kantor National Paralympic Committee (NPC) di Jl. Ir. Sutami, bundaran Jurug, masuk Jl. Ir. Juanda menuju Perempatan Warung Pelem. Selama melintasi jalan tersebut api abadi dari Mrapen, Purwodadi, dikirab menggunakan kendaraan bermotor serta kereta kencana.

“Api Mrapen sampai di Perempatan Warung Pelem baru dilakukan estafet atlet melewati Pasar Gede menuju ke Pendapa Balai Kota Solo. Kami menerima informasi dari pantia ada sembilan titik estafet yang harus dilalui sebelum ke masuk Balai Kota,” kata dia.

Ia memperkirakan obor api Mrapen yang diberangkatkan dari Purwodadi pukul 11.00 WIB akan tiba di Solo pukul 13.00 WIB. Setelah tiba di Pendapa Balai Kota obor api Mrapen menginap semalam di Solo sebelum dibawa ke Yogyakarta pada Kamis (6/9/2018) pagi.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo, mengungkapkan 927 personel gabungan TNI dan Polri, Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, dan Satpol PP Solo disiagakan sepanjang rute estafet kirab obor Asian Para Games

“Pengamanan difokuskan di Jl. Urip Sumoharjo [Perempatan Warung Pelem] hingga Jl. Jensud [kompleks Balai Kota]. Kami akan menempatkan petugas keamanan di sepanjang jalan ini karena ada arak-arakan estafet membawa obor,” kata dia.