Anggota DPRD Sukoharjo Di-PAW Karena Pindah Parpol

Ilustrasi caleg. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
04 September 2018 11:40 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Legislator DPRD Sukoharjo dari Partai Nasdem, Martono, harus diganti antar waktu (PAW) karena maju sebagai caleg pada Pemilu 2019 mendatang lewat partai politik (parpol) lain.

Martono mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Sukoharjo lewat Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Posisi Martono akan digantikan kader Partai Nasdem lainnya, Mujianto.

“Surat PAW sudah diajukan ke DPRD Sukoharjo beberapa bulan lalu. Secara internal sudah selesai tinggal menunggu jadwal dari DPRD,” ungkap Ketua DPD Partai NasDem Sukoharjo, Agus Tri Raharjo, Senin (3/9/2018).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Kuswanto, menjelaskan sudah mengirimkan nama pengganti antar waktu Martono dari Partai Nasdem, yakni Mujianto. “Rekomendasi nama PAW sudah dikirim ke DPRD Sukoharjo beberapa waktu lalu. Kami mendengar surat PAW sudah diajukan ke Gubernur di masa Pilgub kemarin.”

Sementara itu, Ketua DPRD Sukoharjo, Nurjayanto, kepada wartawan, menyatakan sudah memproses pengajuan PAW Partai Nasdem. “Partai Nasdem sudah mengajukan nama PAW dan sudah ditindaklanjuti ke Gubernur. Kami [DPRD] akan meminta anggota badan musyawarah untuk mengagendakan pelantikan apabila surat dari Gubernur sudah turun. Dewan juga sudah mengirim surat ke KPU perihal nama calon pengganti dan surat KPU sudah turun. Sekarang tinggal menunggu surat persetujuan dari Gubernur.”

Sebelumnya, Ketua DPD PKS Sukoharjo, Ari Sarwanto, mengakui dari 41 caleg PKS ada satu yang merupakan anggota baru. “Para caleg mayoritas internal kader partai, pengusaha lokal Sukoharjo, dan ada satu bacaleg yang baru bergabung ke PKS yakni Martono. Dia [Martono] masuk bacaleg dapil Sukoharjo 1,” ujarnya.

Ari mengakui Martono merupakan anggota DPRD Sukoharjo asal Partai Nasdem tetapi empat bulan lalu hijrah ke PKS. “Semua persyaratan bacaleg Pak Martono sudah lengkap dan sudah diserahkan ke KPU termasuk surat pengunduran diri dari Partai Nasdem dan keanggotaannya di DPRD Sukoharjo.”