CFD Sukoharjo Tolak PKL Eks Sunday Market Manahan Solo

Suasana Sunday Market Manahan Solo. (Solopos/Dok)
04 September 2018 16:15 WIB Trianto Heri Suryono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo disiapkan memantau Car Free Day (CFD) di Jl. Proklamasi, Solo Baru, Grogol, dan Jl. Veteran, Proliman, mulai Minggu (9/9/2018).

Satu regu berjumlah 20 orang masing-masing disiapkan di dua lokasi CFD tersebut untuk memantau kalau-kalau ada pedagang baru yang dimungkinkan berasal dari eks Sunday Market Manahan Solo.

Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo, mengatakan hal tersebut saat ditemui wartawan seusai mengikuti sidang paripurna DPRD Sukoharjo, Selasa (4/9/2018). Sebagai informasi, Pemkot Solo akan membubarkan Sunday Market Manahan Solo untuk selamanya per Minggu (9/9/2018).

Pembubaran Sunday Market Manahan Solo itu menimbulkan kekhawatiran para pedagangnya akan lari ke berbagai tempat termasuk CFD Sukoharjo. “Setiap pekan, satu regu Satpol PP disiagakan untuk mengantisipasi luapan pedagang.”

Heru menegaskan jumlah pedagang di dua lokasi CFD itu diklaim sudah penuh dan tidak bisa ditambah lagi. Dia mencontohkan di Jl. Proklamasi, Solo Baru, sudah ada 650 pedagang yang berjualan setiap Minggu.

“Jumlah tersebut tidak bisa bertambah lagi karena lokasi berjualannya sudah tidak ada. Selain itu, jam buka dibatasi hingga pukul 09.00 WIB. Pernah ada pedagang membandel tetap berjualan hingga pukul 11.00 WIB tetapi segera ditertibkan,” ujarnya.

Mantan Camat Weru ini menyatakan dari 650 pedagang di CFD Jl. Proklamasi, 50% berasal dari Solo. “Jadi tidak memungkinkan adanya penambahan pedagang karena lokasi sudah penuh. Namun demikian, petugas jaga di masing-masing CFD mendapat tugas tambahan memantau serbuan pedagang baru. Jangan sampai kemunculan tersebut mengundang keresahan atau kekacauan terhadap pedagang lama.”

Camat Grogol, Bagas Windaryatno, kepada wartawan mengatakan belum menerima pemberitahuan tertulis perihal pembubaran Sunday Market Manahan Solo. Namun, dia sudah mendengar dan merasa khawatir akan ada serbuan pedagang eks Sunday Market Manahan ke Solo Baru.

“CFD Solo Baru akan terdampak dari pembubaran Sunday Market Manahan, Solo. Kami segera berkoordinasi dengan instansi terkait jangan sampai muncul permasalahan kamtibmas maupun konflik sosial.”

Mantan Camat Tawangsari ini mengatakan langsung atau tidak langsung, Grogol akan menjadi daerah pertama yang kelimpahan pedagang baru atau PKL baru karena letaknya di daerah perbatasan dengan Solo.