Dandani Wajah Kota Karanganyar, Begini Rencana Juliyatmono

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meletakkan batu pertama pembangunan gedung Baperlitbang Karanganyar, Senin (3/9 - 2018). (Solopos/Ponco Suseno)
05 September 2018 12:15 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Bupati Karanganyar, Juliyatmono, bakal fokus merombak dan memermak wajah kawasan kota Bumi Intanpari pada periode kedua pemerintahannya, 2018-2023.

Guna mempercantik kawasan perkotaan, Juliyatmono siap merombak kawasan perkantoran di Cangakan, rumah dinas (rumdin) bupati, dan pertigaan Siwaluh. Sebagaimana diketahui, pada periode kedua nanti, Bupati yang akrab disapa Yuli ini akan berpasangan dengan politikus PDIP Karanganyar, Rober Christanto, sebagai wakil bupati.

Kedua akan fokus membangun infrastruktur secara menyeluruh. Selain jalan, Yuli-Rober akan membangun berbagai gedung baru guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Beberapa gedung kantor kecamatan sudah diperbaiki di antaranya Colomadu, Karangpandan, Kebakkramat, Ngargoyoso, dan Kerjo. Pada 2018 ini, fokus Yuli berikutnya membangun kantor Kecamatan Jumapolo sebagai bagian menata kawasan Karanganyar bagian selatan.

Di samping itu, Yuli juga sudah memiliki rancangan menata kawasan perkotaan. “Kantor Komisi Pemilihan Umum [KPU] Karanganyar akan saya robohkan sehabis Pemilu 2019 mendatang. Akan saya pindah ke dekat gedung baru Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Karanganyar. Nanti jadi satu bersama kantor Badan Pengawas Pemilu [Bawaslu] Karanganyar,” kata Yuli di sela-sela meletakkan batu pertama pembangunan gedung Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Karanganyar, Senin (3/9/2018).

Yuli juga akan menata kawasan perkantoran di Cangakan, Karangnyar kota. Kantor Cangakan akan dipindah guna memperluas gedung Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Karanganyar.

Kantor Urusan Agama (KUA) Karanganyar dan Gedung Wanita Karanganyar juga tak luput dari sentuhan penataan. “Apalagi saat melihat gedung Dinas Pertanian dan Pangan [Dispertan] Karanganyar ke arah timur ini [di kompleks perkantoran Cangakan], blas ra patut disawang [tidak indah dipandang],” katanya.

Selanjutnya, Yuli akan membedah pertigaan Siwaluh di kawasan perkotaan. Pertigaan tersebut akan dibuat dengan model melingkar. Nantinya, di lokasi tersebut dibangun menara pandang atau pun jam berukuran besar yang dapat berdenting setiap jam.

“Rumah dinas bupati juga akan saya bangun seperti Istana Negara. Setidaknya sebelum masa jabatan saya habis [2023], rumdin seperti istana itu akan terealisasi. Semua ini dilakukan agar terlihat cerah dan Karanganyar memiliki masa depan yang bagus,” katanya.

Pemkab Karanganyar sudah memulai membangun gedung baru Baperlitbang Karanganyar di bekas kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Karanganyar. Hal tersebut juga ditujukan mempercantik kawasan perkotaan sekaligus meningkatkan pelayanan ke masyarakat.

“Pembangunan berlangsung dua tahap. Tahap I mencakup pembangunan struktur dan atap,” kata Kepala Baperlitbang Karanganyar, Muh. Indrayanto.



Tokopedia