Solopos Hari Ini: Infrastruktur Jalan Terus

Harian Umum Solopos edisi Kamis (6/9 - 2018).
06 September 2018 10:40 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan tidak ada proyek infrastruktur yang ditunda akibat pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Nilai tukar tukar rupiah ditutup melemah tiga poin atau 0,02% ke level Rp14.938 per dolar AS, meskipun pada awal perdagangan dibuka di zona hijau dengan penguatan 0,06% di posisi Rp14.926.

Menanggapi melemahnya rupiah, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) komponen di dalam proyek proyek infrastruktur yang merupakan wewenang Kementerian PUPR mencapai 96%. Adapun 4% sisanya merupakan komponen impor.

Kabar tentang efek pelemahan nilai rupiah itu menjadi kabar utama pada Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (6/9/2018). Berita itu dapat disimak secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Selain itu, kabar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang siap menjadi jurkam Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 mendatang juga menjadi kabar utama pada Harian Umum Solopos edisi hari ini. Ganjar dikabarkan siap cuti demi Jokowi.

Ganjar Siap Cuti demi Jokowi

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengaku siap mengajukan cuti untuk kampanye calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo (Jokowi)-K.H. Ma’ruf Amin. Ganjar dan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (5/9/2018).

Pelantikan Ganjar-Yasin dilakukan bersamaan dengan delapan gubernur-wakil gubernur hasil Pilkada 2018 lainnya.

Baca selengkapnya di E-Paper Solopos.

Pada halaman Soloraya di Harian Umum Solopos edisi hari ini, kabar terbaru pengembangan wisata sungai di Solo masih menjadi sorotan utama. Kabar simulasi letusan Gunung Merapi jugab menghiasi halaman utama Soloraya di Harian Umum Solopos edisi hari ini.

PR Besar Kualitas & Debit Air

Pengembangan wisata sungai di Kota Solo dinilai masih terhambat persoalan kualitas air sungai yang buruk dan debit air sungai yang inkonsisten. Pegiat Komunitas Ngrekso Lepen Mangku Keprabon, Setyo Eko Winanto, menganggap kualitas air di semua sungai di Solo kini sangat memprihatinkan.

Win, sapaan akrab Setyo Eko Winanto menilai pemerintah mesti menyelesaikan persoalan tersebut jika ingin mengambil langkah mengembangkan wisata sungai di Solo. Dia menyarankan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tegas menutup usaha tekstil yang kedapatan membuang limbah tak seusai baku mutu di sungai.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

"Merapi Meletus", Warga Musuk Dievakuasi

Pukul 06.11 WIB, akun Twitter @BPPTKG mengunggah hasil pengamatan visual Gunung Merapi dari pos pengamatan Jrakah, Kecamatan Selo, Boyolali. Rabu (5/9/2018) pagi itu, Gunung Merapi berkabut, suhu udara 15.3 °C, angin tenang dan cuaca terang.

Akun resmi milik Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) itu tidak menyebutkan adanya aktivitas gunung yang sebagian wilayahnya berada di Boyolali itu. Beberapa jam kemudian, BPPTKG menyatakan bahwa Gunung Merapi "meletus".

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Tokopedia