Ini Rangkaian Acara Peringatan Haornas 2018 di Solo

Pekerja meratakan tanah di Lapangan Kota Barat, Solo, Rabu (6/12 - 2017). (Solopos/Nicolous Irawan)
07 September 2018 21:05 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 dengan menggelar sejumlah kegiatan mulai upacara bendera, kirab atlet Asian Games 2018, hingga Pekan Olahraga Warga Solo (Porwaso), Minggu (9/9/2018).

Pelaksanaan ketiga kegiatan tersebut bakal difokuskan di Lapangan Kota Barat, Kelurahan Mangkubumen, Banjarsari, Solo.

Kabid Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Solo, Suhanto, saat diwawancarai solopos.com, Jumat (7/9/2018), mengatakan peringatan Haornas ke-35 bakal dibuka dengan upacara bendera pukul 06.00 WIB. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) yang baru dilantik Ganjar Pranowo bertugas menjadi pembina upacara.

Suhanto membeberkan dalam upacara itu Dispora mengadakan prosesi pengalungan untaian melati kepada perwakilan atlet Jateng yang ikut serta dalam Asian Games 2018.

Setelah itu, 59 atlet dan sembilan pelatih asal Jateng yang terlibat dalam pesta olahraga terbesar se-Asia itu (kecuali cabang olahraga badminton) diberangkatkan untuk mengikuti kirab bersama perwakilan pejabat Pemkot Solo, pelajar Solo, pegiat olahraga Solo, hingga warga Solo.

Suhanto menjelaskan rute yang bakal ditempuh oleh rombongan kirab Atlet Asian Games 2018, yakni mulai dari Jl. dr. Moewardi (selatan Lapangan Kota Barat)-perempatan Gendengan-menyusuri Jl. Slamet Riyadi (area car free day)-pertigaan Kantor Pengadilan Negeri (PN) Solo ke utara- menyusuri Jl. dr. Soepomo-perempatan SMA Muhammadiyah 2 Solo ke barat-menyusuri Jl. Yosodipuro untuk kembali ke Lapangan Kota Barat. 

“Kehadiran para atlet dan pelatih yang tampil dalam Asian Games 2018 mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat terutama anak-anak muda Kota Solo untuk ikut berprestasi seperti mereka. Penyelanggaraan acara ini juga sebagai bentuk syukuran karena beberapa atlet dari Jateng berhasil menyumbang medali dan Indonesia sukses menjadi tuan rumah Asian Games” kata Suhanto.

Kemudian dilaksananan lomba Porwaso. Suhanto menyebut ada lima cabang olahraga rekreasi yang bakal dipertandingkan oleh warga perwakilan dari lima kecamatan di Solo, yaitu gobak sodor, tarik tambang, bakiak, senam gemu famire, dan kasti.

Porwaso bakal diikuti oleh 300 warga karena masing-masing kecamatan dibatasi untuk mengirim 60 orang.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, bakal menutup Jl. Wahidin ruas simpang tiga SMK Murni ke utara saat akan digelar kirab mangayubagya atlet Asian Games 2018.

Dishub juga akan menutup Jl. Dr. Moewardi dan memindah akses crossing CFD dari perempatan Gendengan ke perempatan Omah Lowo untuk mendukung kelancaran kegiatan upacara dan kirab dalam rangka peringatan Haornas ke-35.

Dia meminta warga untuk bisa mencermati rencana pemberlakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas (MRLL) tersebut agar tidak salah mengambil rute.