PKL Sunday Market Manahan Diundi untuk Penempatan Lokasi Baru

Demo PKL Manahan Solo menuju Balai Kota, Jumat (7/9 - 2018). (Solopos/Nicolous Irawan)
07 September 2018 19:15 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) bergeming ihwal tuntutan pedagang eks Sunday Market Manahan Solo agar tak menutup  pasar tiban Minggu pagi itu selamanya.

Pemkot tetap melanjutkan proses penempatan para pedagang kaki  lima (PKL) Sunday Market Manahan di tiga lokasi yang disediakan yakni area parkir New Gladak Langen Bogan (Galabo), citywalk Car Free Day (CFD) Jl. Slamet Riyadi ruas Gendengan hingga Purwosari, serta CFD Jl. Ir. Juanda.

Penempatan para PKL tersebut yang menggunakan mekanisme pengundian akan dilakukan pada Sabtu (8/9/2018). “Kami tidak membubarkan PKL Sunday Market, tapi memindahkan ke tempat yang semestinya,” kata Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo Subagiyo, Jumat (7/9/2018).

Penempatan PKL Sunday Market ke tiga lokasi yang disediakan Pemkot dinilai sebagai bentuk penyesuaian fungsi Manahan. Merujuk aturan tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), kawasan Gelora Manahan peruntukanya sarana olahraga sehingga sudah mestinya tidak ada aktivitas PKL di sana. 

Aktivitas PKL di dalam kawasan Gelora Manahan juga sudah tidak diizinkan Pemkot sejak 2016. Namun Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo memberikan kesempatan bagi PKL tetap beraktivitas di Manahan sambil mencari lokasi pengganti. 

“Sekarang Pemkot sudah mendapatkan lokasi itu. Lokasinya juga sudah tepat ada di keramaian massa,” katanya.

Pemkot khawatir jika terus dibiarkan beraktivitas di Gelora Manahan jumlah pedagang semakin tak terbendung. Saat pendataan terakhir pada 2016, jumlah PKL Sunday Market hanya tercatat 600-an orang. 

Kini jumlahnya telah mencapai 1.500-an pedagang. Dengan kondisi itu, Pemkot perlu menata kawasan Gelora Manahan untuk mengembalikan sesuai fungsinya sebagai sarana olahraga.

“Jadi silakan mendaftar ke lokasi yang sudah disediakan Pemkot,” katanya.

Saat ini, Pemkot masih membuka pendaftaran bagi PKL Sunday Market dalam penataan di tiga lokasi yang disediakan. Sejauh ini telah ada ratusan pedagang yang mendaftar. 

Ditanya antisipasi PKL Sunday Market tetap nekat menggelar dagangan di Manahan, Subagiyo mengatakan telah berkoordinasi dengan Satpol PP. Petugas Satpol PP akan mengamankan lokasi Manahan.

Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian PKL Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Aminto, mengatakan penempatan pedagang di area parkir New Galabo akan dilakukan berdasarkan zonasi. Pemkot membagi tiga zonasi penempatan, yakni aksesori, kuliner dan oleh-oleh.

“Penempatan pedagang akan dilakukan dengan sistem pengundian. Rencana Sabtu akan kita lakukan pengundian,” katanya.